Pengzhou tawarkan ruang pamer Mataram di objek wisata Bailu

id sister city,Pengzhou,Sichuan,Mataram,objek wisata Mataram,wisata Lombok

Wakil Wali Kota Pengzhou, China, Qiu Hong (kiri) menerima cendera mata berupa kain songket dari Wali Kota Mataram, NTB, Ahyar Abduh, di Kota Pengzhou, Provinsi Sichuan, China, Kamis (17/10). Kedua kota tersebut sedang penjajakan kerja sama kota kembar (sister city). ANTARA/M. Irfan Ilmie

Pengzhou, China (ANTARA) - Pemerintah Kota Pengzhou, China, menawarkan ruang pamer pariwisata dan kebudayaan kepada Pemkot Mataram, Nusa Tenggara Barat, di Distrik Bailu.

"Kalau bersedia, kami mau tawarkan ruangan yang bisa memamerkan potensi wisata dan budaya di Bailu," kata Wakil Wali Kota Pengzhou, Qiu Hong, saat menerima kunjungan delegasi Pemkot Mataram, di Pengzhou, Provinsi Sichuan, Kamis (17/10) malam.

Bailu merupakan salah satu distrik di Kota Pengzhou yang menjadi salah satu tujuan pariwisata andalan di wilayah barat daya daratan China.

Wilayah setingkat kecamatan di area perbukitan Kota Pengzhou tersebut memiliki banyak peninggalan bangunan kuno bergaya Eropa. Bailu sudah lama dikembangkan oleh pemerintah Prancis serta terdapat sekolah seminari yang sudah berusia 200 tahun lebih lengkap dengan beberapa kastil.

Bekas gedung sekolah seminari itu sudah beberapa kali mengalami pemugaran akibat kerusakan terkena gempa bumi. Gedung yang tetap terjaga kelestariannya itu sampai saat ini difungsikan sebagai tempat pertunjukan musik dan teater.

Setiap musim panas, Pemkot Pengzhou menggelar festival kebudayaan di objek wisata Bailu.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Mataram Ahyar Abduh juga menawarkan hal yang sama kepada Wakil Wali Kota Pengzhou Qiu Hong.

"Kami bisa memperkenalkan Pengzhou kepada warga kami. Di Mataram, kami juga punya komunitas masyarakat yang memiliki keturunan dari Tiongkok. Mereka juga aktif menggelar kesenian barongsai pada perayaan Imlek," kata Ahyar yang memimpin delegasi Pemkot Mataram tersebut.

Selain pariwisata, Pemkot Mataram menjajaki kerja sama dengan Pemkot Pengzhou di bidang industri dan investasi.

Sampai saat ini Pengzhou telah menjalin kerja sama dengan 12 kota atau provinsi di Eropa, Asia, Amerika, dan Afrika. Selain di Bailu, Pengzhou memiliki gedung khusus di tengah kota yang memamerkan produk kerajinan tangan dari 12 mitra kota kembarnya itu.

"Nanti kami juga akan beri ruang display untuk Kota Mataram di tempat ini," kata Qiu kepada Ahyar di gedung pamer dua lantai tersebut.

Wali Kota dan sejumlah pejabat Pemkot Mataram melakukan kunjungan kerja ke Kota Pengzhou pada 15-18 Oktober 2019 yang diinisiasi oleh Antara Digital Media sebagai salah satu anak perusahaan LKBN Antara. 
Baca juga: Dispar siap tata objek wisata religi Mataram
Baca juga: Ikhtiar Mataram bangkitkan pariwisata pascagempa
Baca juga: Kemenpar gelar "Bali & Beyond Sales Mission 2019" di China
Baca juga: Produk dan objek wisata Nusantara tampil di acara televisi China

Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar