Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Prancis untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet mengenang pertemuannya dengan BJ Habibie setelah menyampaikan belasungkawa atas wafatnya presiden RI ke-3 itu di Jakarta, Rabu malam.

Berthonnet menyampaikan ucapan duka cita dan kenangan pertemuan dengan Habibie tersebut dalam bahasa Inggris melalui akun resmi Twitter @JCBerthonnet yang dipantau ANTARA pada Kamis.

"Saya memiliki kesempatan berharga pernah bertemu Presiden #Habibie. Beliau memainkan peran penting dalam transisi Indonesia menuju negara demokrasi," kata dia.

Baca juga: BJ Habibie wafat, Mahathir turut belasungkawa

Berthonnet juga menyampaikan rasa kagum kepada BJ Habibie atas jasanya mengembangkan sektor kedirgantaraan Indonesia.

"BJ Habibie berjasa pada dunia kedirgantaraan Indonesia, yang mana @Airbus jadi salah satu mitra strategisnya," tambahnya.

Kedutaan Besar Prancis  juga mengibarkan bendera setengah tiang untuk menghormati kepergian Habibie, mengikuti penetapan hari berkabung nasional selama tiga hari yang ditetapkan pemerintah Indonesia.

Presiden RI ke-3 BJ Habibie wafat di Jakarta pada usia 83 tahun. Jasadnya dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, pada Kamis siang, bersebelahan dengan pusara istrinya Hasri Ainun Habibie.

Baca juga: BJ Habibie wafat, bendera setengah tiang tampak di sejumlah kedubes
 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Azizah Fitriyanti
Copyright © ANTARA 2019