Islamabad (ANTARA) - Di sebuah kantor kecil di kantor pusat Perusahaan Televisi Pakistan (PTV) di Islamabad, para produser bersiap untuk menayangkan wawancara video tentang seorang pria Pakistan dan pengantinnya yang berkebangsaan China.

Wanita dalam rekaman itu mengenakan pakaian tradisional Pakistan, duduk di sebelah suaminya yang berbicara dalam bahasa Mandarin yang lancar, memperkuat pesan cinta trans-nasional yang menang karena perbedaan dalam bahasa, agama dan budaya.

Video-video tersebut adalah tanda terbaru dari dorongan China untuk membangun "kekuatan lunak" budaya untuk melengkapi Koridor Ekonomi Pakistan China (CPEC), program infrastruktur senilai 60 miliar dolar AS yang telah diluncurkan sebagai bagian dari proyek "sabuk dan jalan" andalan raksasa Asia itu.

Selama setahun terakhir, China telah mengirim PTV milik negara dan saluran televisi komersial lainnya serangkaian film dokumenter, drama dan program televisi lain secara gratis, kata pejabat dari PTV kepada Reuters.

Para ahli mengatakan China telah meningkatkan upaya untuk memenangkan hati dan pikiran warga negara di negara-negara Sabuk dan Jalan melalui bahasa, media tradisional dan kampanye media sosial, menggemakan kekuatan budaya yang sebelumnya dimiliki oleh negara-negara Barat, yang telah memanfaatkan segala sesuatu dari pusat-pusat bahasa hingga Hollywood dan blue jeans untuk memanaskan pengaruh global.

"Kami telah belajar dari pengalaman Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara Barat lainnya - tetapi sekarang, saatnya bagi dunia untuk memahami China," kata Chen Xiang, seorang koresponden yang mengoordinasikan kehadiran luas Radio Nasional milik pemerintah China Radio International di Pakistan.

"Kami ingin memberi tahu orang-orang kebenaran tentang China, apa sebenarnya China itu? Melalui program radio, melalui TV, dan melalui kegiatan budaya lain kita bisa melakukan ini."

China meningkatkan pengajaran Mandarin melalui organisasi bahasa dan budaya yang didukung negara yang disebut Confucius Institutes Pakistan sebagai rumah bagi empat dengan dua pusat sumber daya Konfusius lagi yang akan dibuka dan menyebarkan eksposur ke media seni dan narasinya dalam upaya untuk melibatkan dalam kehidupan sehari-hari orang Pakistan.

Awal tahun ini, PTV World menayangkan serial kartun China pertama, berjudul Three Drops of Blood (Tiga Tetes Darah), mengikuti tayangan perdana di Dewan Seni Nasional Pakistan yang didanai pemerintah, di mana Kedutaan Besar China menyewa sebagian besar bangunan untuk menjadi tuan rumah Pusat Kebudayaan China .

Investasi baru-baru ini di TV dan film mengikuti minat China di media cetak. Diluncurkan pada tahun 2017, Huashang, koran berbahasa Mandarin pertama di Pakistan, kini memiliki jumlah pembaca lebih dari 60.000 per minggu.

Dengan sekitar 25.000 orang Pakistan belajar bahasa China di rumah dan 22.000 siswa Pakistan lainnya di China, ada beberapa cara untuk dilakukan sebelum bahasa Mandarin menantang bahasa Inggris di Pakistan, tempat warisan kekuasaan kolonial Inggris ada di mana-mana.

Tetapi tanda-tanda kehadiran China semakin terlihat, mulai dari insinyur asing dan keluarga mereka berbelanja di pusat kota hingga semakin banyak wisatawan China mengunjungi panorama menakjubkan di utara pegunungan Pakistan yang berbukit-bukit. Warga melaporkan selera yang meningkat untuk terlibat menggunakan titik kontak budaya dan bahasa bersama terkadang dengan cara pandang usaha.

PAKISTAN MERANGKUL CHINA

"China tertarik untuk meningkatkan kekuatan lunaknya di seluruh dunia," kata Dr Kiran Hassan, peneliti di Institute of Commonwealth Studies, menambahkan rakyat Pakistan merespons dengan antusias.

"Ini adalah audiens yang siap menerima perspektif China karena mereka merasa bahwa China menawarkan peluang ekonomi."

Awais Chaudhry pindah dari rumahnya di kota timur Faisalabad untuk belajar di sebuah lembaga bahasa China di Lahore selama lebih dari enam bulan, berharap itu akan membantu pekerjaan pemasarannya.

Baca juga: China dan Pakistan Meningkatkan Kemesraan

"China adalah tetangga kami dan sejumlah besar impor berasal dari sana, dan dengan sudut pandang bisnis itu, saya mencoba mempelajari dasar-dasar bahasa ini," katanya kepada Reuters.

Kontak budaya sehari-hari, meskipun masih terbatas, berkembang, meskipun kadang-kadang ada sisi gelap, terutama dalam skandal periodik tentang perdagangan orang yang melibatkan gadis-gadis Pakistan yang dikirim ke China untuk menikah dengan pria yang tidak dapat menemukan istri di kampungnya.

TEPI LEBIH KERAS

Ada keunggulan yang lebih sulit bagi beberapa kekuatan lunak China, terutama dalam tanggapannya terhadap kritik terhadap inisiatif Sabuk dan Jalan sebagai proyek neo-kolonial, mempromosikan proyek-proyek yang merusak lingkungan seperti pembangkit listrik tenaga batu bara yang lebih menguntungkan perusahaan China daripada Pakistan.

Pejabat media dan lembaga think tank dari kedua negara berencana untuk membentuk "Sistem Inisiatif Tanggap Cepat" untuk melawan persepsi negatif dan menghentikan "berita palsu" tentang proyek-proyek China-Pakistan, yang beberapa di antaranya telah meningkatkan skeptisisme tentang manfaat ekonomi mereka dan kritik terhadap biaya lingkungan.

Dijalankan secara kolaboratif oleh China Economic Net, sebuah organisasi berita online yang berbasis di Beijing, dan Pakistan China Institute, sebuah think tank yang berbasis di Beijing Islamabad, sistem ini menyebarkan informasi untuk melawan pandangan negatif atau "palsu" tentang CPEC dan menggantinya dengan pesan aliansi yang menguntungkan.

"Kami tidak dapat menghapus informasi, jadi yang kami lakukan adalah memberikan informasi yang benar. Semua alat media digunakan," kata Mustafa Sayed, Direktur Eksekutif Institut China Pakistan, menambahkan bahwa mereka menyebarkan pesan melalui jangkar berita, surat kabar, dan Twitter.

Pada bulan Agustus, Zhao Lijian, wakil duta besar China untuk Pakistan saat itu, me-retweet sebuah artikel berjudul 'CPEC sudah mati. Seseorang kabarilah Beijing. "

"Selamat, laporan ini telah memenangkan gelar yang disebut 'lelucon hari ini'" tulisnya di Tweet. "Artikel itu murni omong kosong, berita palsu, spekulasi tak berdasar. Artikel ini telah menjadi bahan tertawaan terbesar di Cina dan Pakistan."

Sumber: Reuters

Baca juga: China nyatakan berperan konstruktif dalam meredakan ketegangan India, Pakistan
Baca juga: China: Pembicaraan lebih lanjut dibutuhkan untuk bantu Pakistan

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019