Manila (ANTARA) - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan rekan sejawatnya dari China telah menawarkan kepada Manila saham dalam usaha patungan di sektor energi di Laut China Selatan jika ia mengabaikan keputusan arbitrase internasional yang tidak sejalan dengan Beijing.

Duterte mengatakan Presiden China Xi Jinping mengatakan kepadanya dalam pertemuan baru-baru ini bahwa jika ia mengabaikan fatwa Mahkamah Tetap Arbitrase (PCA) tahun 2016, China akan sepakat menjadi mitra yunior dalam sebuah usaha patungan untuk mengembangkan deposit gas di Reed Bank, yang terletak dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Filipina.

"Abaikan fatwa aribitrase itu," kata Duterte yang dikutip wartawan Selasa malam dalam keterangannya yang dikeluarkan kantornya pada Rabu.

"Singkirkan klaim Anda," kata dia, mengutip Xi. "Kemudian izinkan siapa saja terkait dengan perusahaan-perusahaan China. Mereka ingin melakukan eksplorasi. Kalau ada sesuatu, kata mereka, kami akan cukup murah hati memberi Anda 60 persen, hanya 40 persen akan jadi saham mereka, Itulah janji Xi Jinping."

Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar China di Manila belum segera menanggapi permintaan untuk memberikan komentar atas keterangan Duterte tersebut.

PCA di Den Haag mengklarfikasi tapal batas maritim dan hak-hak berdaulat Filipina, meniadakan klaim-klaim China di hampir semua kawasan Laut China Selatan. China tidak mengakui keputusan tersebut.

Duterte telah berusaha untuk menjalin hubungan erat dengan Xi, dengan harapan meraih miliaran dolar untuk penanaman modal, menghindarkan diri dari menentang China atas aktivitas-aktivitas di Laut China Selatan, termasuk pulau-pulau buatannya yang dijadikan fasilitas militer.

Sumber: Reuters Baca juga: Kapal asing terancam perlakuan "tak bersahabat" oleh Filipina
Baca juga: Filipina akan protes kehadiran kapal China saat hubungan bermasalah
Baca juga: Xi Jinping kunjungi Filipina untuk raih keuntungan strategis lebih jauh


Penerjemah: Mohamad Anthoni
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019