Mari kita berdoa agar dengan komitmen semua, kebakaran dapat segera dipadamkan. Paru-paru dunia tersebut sangat penting bagi planet kita
Vatican City (ANTARA) - Paus Fransiskus pada Minggu menyeru komitmen global untuk memadamkan kebakaran di Amazon, dengan mengatakan kawasan tersebut penting bagi kesehatan planet ini.

"Kita semua khawatir tentang kebakaran dahsyat yang meluas di Amazon. Mari kita berdoa agar dengan komitmen semua, kebakaran dapat segera dipadamkan. Paru-paru dunia tersebut sangat penting bagi planet kita," katanya di hadapan ribuan orang di St Peter Square, Vatikan, selama pertemuan mingguan.

Enam negara bagian yang menaungi Amazon Brazil telah meminta  bantuan militer untuk memadamkan kebakaran yang melahap hutan hujan tersebut, yang menuai kemarahan internasional lantaran peran utama Amazon dalam memerangi pemanasan global.

Brazil merupakan negara Katolik terbesar di dunia.

Paus Fransiskus, yang pernah menulis dokumen penting yang dikenal sebagai ensiklik pada 2015 tentang perlindungan lingkungan dari pemanasan global, kerap membela hak-hak penduduk asli di kawasan Amazon atas tanah mereka dan melindungi budaya mereka. Ia juga menyeru pengurangan secara progresif dalam penggunaan bahan bakar fosil.

Kebakaran dahsyat yang melanda Amazon bertepatan dengan KTT G7 pekan ini, di mana tuan rumah, Presiden Prancis Emmanuel Macron, mengatakan Amazon butuh pengelolaan yang lebih baik untuk mengakhiri "ekosida" yang berlangsung di hutan hujan tersebut dan menginginkan pemimpin dunia membahas keadaan darurat tersebut.

Sumber: Reuters

Baca juga: Wali kota Paris ikut kecam pembakaran hutan Amazon

Baca juga: UNEP sebut Hutan Amazon benteng alami lawan perubahan iklim

Baca juga: Presiden Brazil tuduh NGO pelaku pembakaran hutan Amazon

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2019