Korsel mulai latihan militer di sekitar pulau sengketa dengan Jepang

id Takeshima,Latihan Militer, Korsel

Personel Marinir Korsel melakukan latihan militer di pulau Dokdo atau Takeshima, Minggu (25/8/2019). Pulau Dokdo (Korsel) atau Takeshima (Jepang) merupakan pulau sengketa yang diklaim milik kedua negara. ANTARA FOTO/South Korean Navy/Yonhap via REUTERS/pras.

Seoul (ANTARA) - Militer Korea Selatan akan mengelar latihan dua hari di sekitar pulau kecil yang juga diklaim oleh Jepang, menurut Kantor Berita Yonhap pada Minggu, hanya beberapa hari setelah Seoul memutuskan untuk membatalkan pakta intelijen bersama dengan Tokyo saat hubungan keduanya bergejolak.

Tokyo dan Seoul telah lama berselisih mengenai kedaulatan sekelompok pulau yang disebut Takeshima dalam bahasa Jepang dan Dokdo dalam bahasa Korea. Sekelompok pulau itu terletak sekitar setengah jalan antara tetangga Asia Timur di Laut Jepang, yang disebut Seoul sebagai Laut Timur.

Menurut Yonhap, latihan direncanakan dimulai pada Minggu dan mungkin meningkatkan ketegangan antara kedua tetangga tersebut.

Korea Selatan pada Kamis mengumumkan pembatalan pakta intelijen bersama dengan Jepang, menuai protes langsung dari Tokyo sekaligus memperkeruh sengketa puluhan tahun tentang sejarah, yang berimbas pada perdagangan dan melemahkan kerja sama atas Korea Utara.

Hubungan antara Korsel dan Jepang mulai memanas akhir tahun lalu menyusul pertikaian diplomatik atas kompensasi pekerja paksa masa perang selama pendudukan Jepang di Korea.

Sumber: Reuters

Baca juga: Korea Selatan latihan militer di kepulauan sengketa
Baca juga: Shinzo Abe kirim duta ke Korea Selatan

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar