Indonesia dan Yunani perkuat kerjasama ekonomi

id Yunani,Yunan-Indonesia,Forum Bisnis

Dubes RI untuk Yunani Ferry Adamhar mengadakan pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri bidang Diplomasi Ekonomi dan Keterbukaan, Konstantinos Fragkogiannis dalam upaya mempererat hubungan yang selama ini (Kbri)

London (ANTARA) - Indonesia dan Yunani memperkuat diplomasi ekonomi dan informasi serta diplomasi publik dengan adanya pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis yang kebijakannya tercermin dengan reorganisasi beberapa direktorat jenderal ke dalam Kementerian Luar Negeri Yunani.

Direktur Jenderal untuk Kebijakan Ekonomi dan Perdagangan Internasional yang sebelumnya berada di bawah Kementerian Ekonomi dan pembangunan saat ini dialihkan dalam struktur Kementerian Luar Negeri Yunani yang dijabat oleh Konstantinos Fragkogiannis, birokrat sekaligus pelaku usaha yang telah mengenal baik mengenai Indonesia.

Pelaksana Fungsi Penerangan KBRI Athena, Kristina Natalia kepada Antara di London, Jumat menyebutkan Dubes RI untuk Yunani Ferry Adamhar mengadakan pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri bidang Diplomasi Ekonomi dan Keterbukaan, Konstantinos Fragkogiannis dalam upaya mempererat hubungan yang selama ini berjalan baik sekaligus mendalami kebijakan pemerintahan yang baru yang salah satunya penguatan kerja sama dengan kawasan Asia Pasifik.

Dalam tatap muka yang berlangsung hangat, keduanya memiliki pemahaman yang sama akan kemiripan karakteristik Indonesia dan Yunani sebagai negara kepulauan dengan sektor bahari yang menjadi unggulan.

Fragkogiannis dan Adamhar meyakini apabila kedua negara dapat bekerja sama dalam bidang ini, maka keduanya akan menjadi negara bahari yang kuat dan unggul di dunia.

Fragkogiannis menyambut ajakan Adamhar untuk membentuk payung hukum dalam bidang ekonomi dengan mengikutsertakan kementerian terkait termasuk Kementerian yang menangani Maritim di Yunani.

Dalam kesempatan itu, Adamhar megundang Fragkogiannis untuk membuka Forum Bisnis Indonesia-Yunani yang akan diadakan KBRI Athena pada 17 September mendatang. Forum tersebut akan berfokus pada bidang makanan dan minuman, kesehatan, perkapalan, tekstil, konstruksi dan energi.

“Terpilihnya birokrat di level pimpinan Kemlu Yunani yang mengenal baik Indonesia diharapkan akan menjadi jalan mulus dalam peningkatan hubungan ekonomi Indonesia dan Yunani ke depannya”, demikian Adamhar.

Baca juga: Pengusaha Yunani tertarik tanam modal di Indonesia
Baca juga: Keikutsertaan Indonesia di Posidonia berikan dampak positif
Baca juga: Indonesia tampilkan potensi maritim di Yunani
Baca juga: Bebas visa bagi paspor diplomat Indonesia ke Yunani


Pewarta : Zeynita Gibbons
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar