Ketua Komisi Parlemen: Norwegia dengan kuat mendukung JCPOA

id Norwegia,Iran,JCPOA

Wanita Ketua Komisi Urusan Luar Negeri dan Pertahanan Parlemen Norwegia Anniken Huitfeldt pada Kamis mengatakan walaupun negaranya adalah sekutu dekat AS, tapi Norwegia dengan kuat mendukung JCPOA (IRNA)

Oslo, Norwegia (ANTARA) - Wanita Ketua Komisi Urusan Luar Negeri dan Pertahanan Parlemen Norwegia Anniken Huitfeldt pada Kamis mengatakan walaupun negaranya adalah sekutu dekat Amerika Serikat, tapi Norwegia dengan kuat mendukung JCPOA.

Dan Norwegia mendorong perdagangan antara Oslo dan Teheran, kata Huitfeldt, sebagaimana dilaporkan kantor Berita Iran, IRNA --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis malam.

Baca juga: AS tuntut Iran lepaskan kapal yang ditangkapnya

Ia menambahkan setelah satu pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif, yang sedang berkunjung, "Komunikasi langsung antara saya dan pihak Iran bermanfaat dan kami membahas berbagai masalah."

Meningkatnya ketegangan antara Iran dan AS termasuk topik yang dibahas selama pertemuan tersebut, kata Huitfeldt.

Baca juga: AS bertekad terus tekan ekonomi Iran

Anggota Parlemen Norwegia itu menyeru Iran agar kembali ke komitmennya berdasarkan kesepakatan tersebut (Joint Comprehensive Plan of Action/JCPOA). Ia mengatakan, "Pesan saya ialah walaupun Norwegia adalah sekutu dekat AS, kami dengan kuat mendukung Rencana Aksi Menyeluruh Bersama dan meningkatkan perdagangan antara kedua negara --Norwegia dan Iran."

Huitfeldt juga menekankan pentingnya untuk mendorong kerja sama timbal-balik.

Baca juga: Pesawat Boeing yang terdampar di Iran selama dua bulan akhirnya lepas landas

Sumber: IRNA

Pewarta : Chaidar Abdullah
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar