Wakil Menlu Jepang, Korea Selatan bertemu pekan ini

id Jepang - Korea Selatan,Kerja paksa,sengketa ekonomi,pembatasan ekspor

Anggota kelompok sipil konservatif menghadiri protes anti-Jepang di Seoul, Korea Selatan, Selasa (13/8/2019). (REUTERS/Kim Hong-Ji)

Tokyo (ANTARA) - Wakil menteri luar negeri Jepang dan Korea Selatan akan bertemu pada pekan ini untuk membahas masalah buruh kerja paksa pada masa perang, Kantor Berita Kyodo melaporkan, Rabu, di tengah meningkatnya sengketa ekonomi di antara kedua negara Asia tersebut.

Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Takeo Akiba dan rekannya, Wakil Pertama Menteri Luar Negeri Korea Selatan Cho Se-young, diperkirakan bakal bertemu di Guam pada 16-17 Agustus, Kyodo mengutip sumber-sumber tanpa nama.

Baca juga: Presiden Korsel janji ambil tindakan atas pembatasan ekspor Jepang

Pengadilan di Korea Selatan memerintah perusahaan-perusahaan Jepang untuk memberi ganti rugi bagi para buruh yang mereka paksa bekerja pada masa perang, sementara Jepang menganggap persoalan tersebut pernah diselesaikan dengan suatu kesepakatan.

Sejak keputusan pengadilan itu, hubungan kedua negara menukik tajam, dengan langkah Jepang menerapkan pembatasan yang ketat terhadap ekspor ke Korea Selatan termasuk menghapus Seoul dari daftar perdagangan yang menguntungkan. Seoul membalasnya dengan langkah serupa, dengan menyingkirkan Jepang dari daftar jalur cepat perdagangan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Korsel desak Jepang lakukan 'pendinginan' perselisihan perdagangan

Baca juga: Jepang: Korsel gagal berikan alasan pembatasan perdagangan

Pewarta : Maria D Andriana
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar