UNS-Pemprov Jatim Jalin Kerja Sama

id uns, jatim

UNS-Pemprov Jatim Jalin Kerja Sama

Gubernur Provinsi Jawa Timur Soekarwo saat memberikan kuliah umum di Kampus UNS (Foto: dokumentasi UNS)

Solo, ANTARA JATENG - Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjalin kerja sama di bidang fungsi tridharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Ini adalah kerja sama pertama antara Pemprov Jawa Timur dan UNS, melalui kerja sama ini kami berkomitmen untuk meningkatkan peran dalam pelaksanaan pembangunan di Jawa Timur," kata Rektor UNS Ravik Karsidi di Auditorium UNS Solo, Jumat.

Ia mengatakan kesepakatan kerja sama tersebut dilakukan secara terpadu, sinergi, dan berkesinambungan di bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan pembangunan Jawa Timur.

"Di sini peran perguruan tinggi dalam pelaksanaan pembangunan di Jawa Timur sebagai implementasi tridharma perguruan tinggi," katanya.

Menurut dia, objek dalam kesepakatan bersama tersebut adalah pemanfaatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terapan pengabdian kepada masyarakat, dan penelitian untuk mendukung pembangunan di Jawa Timur dan sumber daya manusia pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Ravik mengatakan kesepakatan kerja sama tersebut berlaku untuk jangka waktu tiga tahun sejak ditandatangani dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan kedua belah pihak, dengan ketentuan setiap tahun diadakan evaluasi untuk menentukan langkah lanjutan.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang juga memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa UNS mengatakan selama ini Pemprov Jatim memberikan perhatian yang cukup besar terhadap sektor pendidikan di Jawa Timur.

"Salah satunya adalah kami memastikan produk yang dihasilkan oleh SMK terstandarisasi. Dalam hal ini kami kerja sama dengan pasar luar negeri, di antaranya Jerman, Australia, Amerika, dan Singapura," katanya.

Menurut dia, salah satu upaya yang dilakukan untuk menjaga kualitas produk SMK yaitu seluruh fakultas teknik yang ada di perguruan tinggi di Jawa Timur wajib menjadi pengampu SMK.

"Kami berupaya membongkar masalah yang ada, caranya dengan melibatkan perguruan tinggi," katanya.
Pewarta :
Editor: Zuhdiar Laeis
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar