Seniman dan Pelajar di Temanggung Gelar Solidaritas Palestina

id seniman membaca puisi

Seniman dan Pelajar di Temanggung Gelar Solidaritas Palestina

Seorang seniman membaca puisi dalam aksi forum solidaritas bela Palistina di timur Alun-Alun Temanggung. (Foto: ANTARAJATENG.COM/ Heru Suyitno)

Temanggung, ANTARA JATENG - Para seniman dan pelajar di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggelar aksi solidaritas membela Palestina di timur Alun-Alun Temanggung, Jumat.

Mereka bergantian membaca puisi yang intinya mengutuk keras atas aksi sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengklaim Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Selain membawa beberapa bendera Merah Putih, peserta aksi juga membentangkan spanduk bertuliskan "Parade puisi dan orasi solidaritas Pelestina".

Koordinator aksi Roso Titi Sarkoro mengatakan bahwa forum solidaritas seniman dan pelajar Temanggung terbentuk secara spontanitas karena terpanggil bersama dunia menyuarakan kemanusiaan untuk bangsa Palestina yang tertindas zionis Israel.

Setelah mendengarkan dan mencermati orasi maupun pembacaan puisi oleh para peserta aksi bela Palistina, para seniman dan pelajar Temanggung mendukung sepenuhnya sikap pemerintah Republik Indonesia sebagaimana ditegaskan Presiden RI Joko Widodo yang mengecam keras, mengutuk, dan menolak aksi sepihak Donald Trump yang mengeklaim Yerusalem sebagai ibu kota Israel karena melanggar hukum internasional.

Para peserta aksi juga mendukung penuh sikap pemerintah Indonesia yang selalu konsisten berpihak pada negara Palestina merdeka.

Peserta aksi juga mendesak kepada Persatuan bangsa bangsa (PBB) untuk segera membatalkan dan menindak tegas terhadap manuver Donald Traump karena membahayakan bagi perdamaian dunia.

Apabila Donald Trump tidak segera mencabut kebijakannya terkait dengan pemindahan ibu kota Israel ke Yerusalem, Forum Solidaritas Seniman dan Pelajar Tenangggung mendesak kepada Pemerintah Republik Indonsia untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat serta mengusir duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia dari Jakarta.

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar