Puluhan Wisatawan 25 Negara Kunjungi Museum OHD

Pewarta : id bersama ohd

Sejumlah wisatawan peserta The 2017 Annual Conference of the International Committee for Museums and Collections of Modern Art (CIMAM) di Singapura melakukan foto bersama pemilik Museum OHD, Oei Hong Djien (berbaju batik) di depan pintu masuk Museum

Magelang, ANTARA JATENG - Sebanyak 48 wisatawan mancanegara dari 25 negara mengunjungi Museum Oei Hong Djien (OHD) di Kota Magelang, Jawa Tengah.

Pemilik Museum OHD, dr Oei Hong Djien di Magelang, Selasa, mengatakan para wisatawan tersebut merupakan peserta "The 2017 Annual Conference of the International Committee for Museums and Collections of Modern Art" (CIMAM) di Singapura.

"Mereka adalah para direktur, pengelola, dan kurator museum dari 25 negara, antara lain dari dari Amerika Serikat, Meksiko, Argentina, Inggris, Jerman, Prancis, Belanda, Belgia, Spanyol, Ukraina, dan Rusia," ungkapnya.

Tergabung dalam rombongan terebut, antara lain Direktur Program Internasional Museum of Modern Art (MoMA) New York City, Amerika Serikat, Jay A Levenson dan Direktur Museum of Contemporary Art Sidney, Australia yang juga Presiden Cimam Elizabeth Ann Macgregor.

Sekitar satu jam mereka berkeliling dan melihat sejumlah koleksi yang ada di Museum OHD yang kebetulan masih berlangsung pameran seni rupa bertajuk "Linkage".

Menurut Oei Hong Djien Magelang seharusnya bangga dengan kedatangan mereka secara spesial ini.

"CIMAM merupakan konferensi bergengsi bagi para pengelola, direktur, dan kurator museum di dunia. CIMAM pertama diadakan di Denhaag Belanda tahun 1962, dan baru pertama kali diadakan di Asia Tenggara dengan Singapura sebagai tuan rumah," ucapnya.

Ia menuturkan tamu yang datang ke Museum OHD ini hanya sebagian dari total peserta CIMAM sebanyak 280 orang dari 50 negara.

"Mayoritas dari Eropa dan kegiatan CIMAM sendiri paling sering diadakan di Eropa. Maka, kehormatan bagi Indonesia, khususnya Magelang dapat dikunjungi mereka. Mereka adalah orang-orang yang sangat mengapresiasi karya seni," tuturnya.

Menurut dia tanggapan mereka sangat bagus setelah menyaksikan sekitar 50 karya seni rupa yang dipamerkan. Mereka juga sangat mengapresiasi adanya Museum OHD yang "concern" pada seni rupa, baik modern maupun kontempor.

"Hal ini kesempatan kita untuk mempromosikan Indonesia dan Magelang ke dunia. Khususnya wisata museum yang di Magelang terdapat cukup banyak museum dengan beragam koleksi dari seni rupa, kriya, hingga benda-benda bersejarah," ujarnya.

Selain ke Museum OHD, mereka juga mengunjungi Candi Borobudur, Yogyakarta, dan Jakarta. Di Yogyakarta mereka menikmati event Jogja Biennale XIV tahun 2017.


Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar