Polairud Jepara Ajak Nelayan Tertib Aturan

Pewarta : id Polairud Jepara, Nelayan Tertib, Aturan

Kasat Polairud Polres Jepara AKP Hendrik Irawan menyerahkan kaos mitra Satpolairud Polres Jepara kepada nelayan di Dermaga Pelabuhan Kartini Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Selasa (14/11). (Foto: ANTARAJATENG.COM/Satpolairud)

Jepara, ANTARA JATENG - Satuan Polisi Perairan dan Udara Kepolisian Resor Jepara, Jawa Tengah, mengajak nelayan di kabupaten ini menaati peraturan dengan meminta mereka bergabung sebagai mitra Satpolairud.

Pembentukan mitra Satuan Polairud Polres Jepara dilakukan Selasa di Dermaga Pelabuhan Kartini yang ditandai dengan deklarasi ucapan bersama "Saya Mitra Satuan Polairud, Saya Taat Hukum, dan Saya Patuh Peraturan".

"Kami juga membagikan kaos mitra Satuan Polairud Polres Jepara kepada belasan nelayan tradisional di Jepara maupun Karimunjawa," kata Kasat Polairud Polres Jepara AKP Hendrik Irawan di Jepara, Selasa.

Pada kesempatan tersebut, nelayan juga disosialisasikan Undang-Undang Pelayaran serta UU Perikanan dan Kelautan.

Selain itu, kata dia, nelayan juga diberikan penjelasan tentang pentingnya kelengkapan dokumen atau surat-surat kapal serta cara kepengurusannya.

Ketika hendak berlayar, kata dia, nelayan juga diminta untuk menyediakan alat-alat keselamatan berlayar di kapal, sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa meminimalkan kemungkinan terjadinya risiko.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut atas program pemerintah dan Kapolri bahwa negara harus hadir di tengah-tengah masyarakat dengan aparat yang humanis dalam pelayanan.

Dengan terbentuknya mitra Satuan Polairud, dia berharap, bisa mempererat hubungan silaturahmi aparat negara dangan awak kapal tradisional di Jepara maupun Karimunjawa.

"Kami berharap, adanya kegiatan ini para nelayan memahami, mengerti serta melaksanakan tentang isi UU Pelayaran, UU Perikanan dan kelautan agar tercipta masyarakat yang taat terhadap hukum dan patuh terhadap peraturan sesuai simbol pada pemberian kaos tersebut," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Satuan Polairud juga membentuk jaringan informasi untuk respons cepat jika terjadi kecelakaan laut, tindakan pidana dan lain-lain.

"Hal itu, bertujuan untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya pelanggaran yang tidak diinginkan," ujarnya.

Sementara itu, Nahkoda KM Jasa Samudra Ripin menyambut, positif pembentukan mitra Satuan Polairud Polres Jepara.

Ia menganggap, hal itu merupakan terobosan yang sangat bagus dan dapat membentuk hubungan emosional yang erat antara aparat dengan masyarkat. 
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar