Pencanangan Kampung KB Capai 79 Persen

id KB

Logo BKKBN (Foto Antara)

Oleh

Semarang, 14/11 (Antara) - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Tengah Wagino mengatakan, pencanangan program kampung Keluarga Berencana (KB) di provinsi setempat hingga Oktober 2017 sudah mencapai 79 persen.

"Program kampung KB sudah dilaksanakan di 486 desa yang tersebar di 34 kabupaten/kota di Jateng," katanya saat menghadiri Forum Koordinasi BKKBN Provinsi Jateng di Hotel Kesambi Hijau, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa untuk pencanangan Program Kampung KB di setiap kecamatan memperoleh dana alokasi khusus sebesar Rp10 juta yang diambil dari APBN 2017.

Ia berharap banyaknya Kampung KB di Jateng bisa ikut menyukseskan program KB yang telah dicanangkan pemerintah.

"Selain itu juga diharapkan desa-desa yang wilayahnya dicanangkan Program Kampung KB terutama daerah pinggiran akan mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat atau setidaknya setara dengan daerah perkotaan," ujarnya.

Kendati demikian, ia menyesalkan Pemerintah Kabupaten Karanganyar yang belum menyampaikan laporan mengenai pencanangan Program Kampung KB, padahal selama 2017 kabupaten setempat ditargetkan mampu mencanangkan pembentukan setidaknya 17 Kampung KB.

"Harusnya sudah jalan, apalagi dukungan dari pemerintah daerah cukup bagus," katanya.

Wagino menilai dukungan yang diberikan pemerintah, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi terkait program KB di Kabupaten Karanganyar sudah cukup bagus.

"Bahkan di Karanganyar peserta medis operasi pria langsung diberi dana Rp1,5 juta, gak tahu kenapa laporan pencanangan Kampung KB kok gak ada, ladahal harusnya setiap bulan dilaporkan ke kami," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Heru Suyitno
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar