Pemkab Purbalingga Intensifkan Program Penanggulangan Kemiskinan

id kemiskinan

Ilustrasi kemiskinan. Foto: antaranews.com ()

Purbalingga, ANTARA JATENG - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, terus berupaya menurunkan angka kemiskinan di daerah ini dengan mengintensifkan berbagai program penanggulangan, kata Bupati setempat, Tasdi.

"Berbagai program penanggulangan kemiskinan di kabupaten Purbalingga terus diintensifkan, karena selama ini telah membuahkan hasil yang signifikan," katanya di Purbalingga, Jumat.

Salah satu upaya menurunkan angka kemiskinan, kata Bupati, adalah melalui program rehabilitasi rumah tidak layak huni.

"Tahun ini, target kami dapat merehab 5.000 rumah. Dari APBD Purbalingga 2.030 unit, dari provinsi 1.050 unit, sisanya dukungan dari pemerintah desa, organisasi perangkat daerah, CSR perbankan, perusahaan, dan lembaga sosial," katanya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan upaya penanggulangan kemiskinan melalui program Kartu Purbalingga Pintar.

"Selain itu, pada tahun 2017 ini pemerintah daerah memberikan jaminan kesehatan bagi warga miskin yang tidak masuk dalam penerima bantuan iuran JKN dengan anggaran Rp12,072 miliar," katanya.

Selain itu, pada tahun ini, pemerintah kabupaten juga menganggarkan Rp3 miliar dengan target membangun jambanisasi sebanyak 6.000 unit.

"Sedangkan dari provinsi kita harapkan terealisasi bantuan untuk 400 unit jambanisasi dengan anggaran Rp280 juta," katanya.

Program penanggulangan kemiskinan itu, kata dia, juga didukung dengan kebijakan pemberian jaminan orang dengan kecacatan berat untuk 150 orang dengan bantuan Rp300 ribu/orang/bulan.

"Mulai 2017, juga diberikan bantuan permodalan bagi UMKM dengan program subsidi bunga dan kredit mawar (melawan rentenir-red) dan kredit tanpa agunan," katanya.

Selain itu, pemkab juga terus mengoptimalkan berbagai program lainnya.

"Antara lain, Gebrak Gotong Royong, Germas, pembagian beras dan daging sapi untuk masyarakat miskin, pengembangan lumbung pangan masyarakat desa, serta peningkatan kapasitas dan kualitas layanan kesehatan melalui pembangunan RSIA Panti Nugroho," katanya.
Pewarta :
Editor: Wisnu Adhi Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar