Pemkab Batang Ajarkan Pendidikan Karakter Siswa SD

Pewarta : id ajarkan budi pekerti suswa siswi sd

Wakil Bupati Batang, Suyono mengajarkan budi pekerti pada siswa siswi sekolah dasar. (Foto: ANTARAJATENG.COM/Kutnadi)

Batang, ANTARA JATENG - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, siap mengajarkan pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar sebagai upaya mengantisipasi adanya perkembangan zaman yang begitu pesat dan kemajuan teknologi.

Wakil Bupati Batang Suyono di Batang, Selasa, mengatakan bahwa pendidikan karakter sangat penting bagi generasi bangsa agar memiliki budi pekerti yang jujur, santun, dan bertanggung jawab di sekolah tingkat dasar.

"Anak-anak sekarang dengan adanya perkembangan zaman akan cepat sekali mencontoh tokoh idolanya. Oleh karena, kami berusaha bagaimana menjadi tokoh idolanya dengan memberikan contoh perilaku yang baik dengan saling menghargai, menghormati, dan saling berbagi," katanya.

Ia mengatakan para tenaga pendidik sudah saatnya harus mengedepankan pendidikan karakter dan menonjolkan kearifan lokal seni dan kultur budaya, apalagi keberadaan Kabupaten Batang berada di wilayah pesisir yang memiliki karakteristik pesisiran dan agraris dengan segala potensi dan nilai budayanya.

Tenaga pendidik atau guru, kata dia, merupakan ujung tombak mentsransformasikan ilmunya pada siswa sehingga pengabdian mereka bisa bermanfaat bagi generasi penerus bangsa.

"Oleh karena, tenaga pendidik atau guru harus memperbanyak referensi dari sumber manapun baik seni dan budaya lokal sebagai upaya menyeimbangkan otak kiri siswa bagi perkembangan kecerdasan anak," katanya.

Ia minta pada para guru dan orang tua siswa agar selalu memantau perkembangan anak anaknya terkait dengan perkembangan zaman yang begitu cepat dan begitu mudah melihat dunia dengan menggunakan telepon android.

"Kami imbau selaku guru dan orang tua harus selalu memantau anak didiknya agar mereka tidak menjadi korban kejahatan teknologi, narkoba, dan pergaulan," katanya.
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar