Pasokan Minim, Harga Telur di Temanggung Merangkak Naik

id harga telur,temanggung naik

Pasokan Minim, Harga Telur di Temanggung Merangkak Naik

Harga telur ayam ras di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, selama beberapa hari terakhir naik rata-rata Rp2.000 per kilogram. (ANTARAJATENG.COM/Dinkominfo Purbalingga)

Temanggung, ANTARA JATENG - Harga telur ayam ras di pasar tradisional Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, bergerak naik karena permintaan meningkat.

Pedagang sembako di pasar Kliwon Rejo Amertani, Khofifah, di Temanggung, Rabu, mengatakan kenaikan mencapai Rp4.000 per kilogram, dari semula Rp18.000 menjadi Rp22.000 per kilogram.

"Dalam sepekan terakhir harga telur, hampir setiap hari naik dan dimungkinkan masih bisa naik lagi hingga perayaan Natal dan Tahun Baru nanti," katanya.

Menurut dia sudah biasa terjadi kenaikan harga telur menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Berdasarkan pengalaman tahun lalu menjelang Natal dan Tahun baru harga telur bisa mencapai Rp24 ribu per kilogram.

Berdasarkan pantauan selain harga telur, harga bawang merah dan bawang putih juga naik. Harga bawang putih dari Rp18.000 menjadi Rp22.000 per kilogram dan bawang merah dari Rp16.000 menjadi Rp22.000 per kilogram.

Harga kebutuhan pokok yang lain masih stabil seperti gula pasir, minyak goreng, dan beras.

Harga gula pasir bertahan Rp11.500 per kilogram, minyak goreng curah Rp11.000 per kilogram dan harga beras bertahan tinggi Rp9.000 hingga Rp11.500 per kilogram tergantung kualitasnya.

Pedagang beras Hartini mengatakan dalam beberapa pekan terakhir harga beras bertahan tinggi, karena pasokan terbatas.

"Saat ini hampir tidak ada panen di Temanggung, karena lagi memasuki masa tanam. Selain dari Temanggung, pasokan beras juga dari Klaten," katanya.
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar