Pakar: Sumber Energi Terbarukan Melimpah

id pakar,sumber energi terbarukan melimpah

Pakar: Sumber Energi Terbarukan Melimpah

Ilustrasi-- Seorang petugas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) memeriksa secara rutin Tegangan Modul Surya. (FOTO ANTARA/ Basrul Haq)

Purwokerto, ANTARA JATENG - Indonesia memiliki sumber energi baru dan terbarukan yang melimpah, kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Prof Suwarto.

"Sumber energi terbarukan melimpah, mulai dari energi surya, energi angin, hingga energi bio sangat melimpah," kata Prof Suwarto di Purwokerto, Kamis.

Untuk itu, menurut dia, riset terkait dengan energi terbarukan harus terus ditingkatkan."Riset harus terus ditingkatkan, mengingat kita masih tergantung pada sumber energi tak terbarukan," ucapnya.

Pada saat ini, riset yang dilakukan kata dia masih parsial dan belum terintegrasi. "Pada saat ini, riset sampai hilir masih parsial dan belum terintegrasi," ujarnya.

Untuk itu, dia menyarankan agar riset yang dilakukan fokus pada salah satu sumber energi secara lebih mendalam. "Saran, agar riset fokus pada salah satu sumber energi sampai tuntas," katanya.

Sementara itu, terkait adanya rencana dari Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto untuk memberikan insentif bagi riset terkait dengan energi terbarukan, dia menilai hal tersebut sangat baik.

"Menurut saya itu ide yang sangat bagus," katanya.

Sementara itu, Kementerian Perindustrian juga mendorong pengunaan bahan bakar biofuel berupa kelapa sawit atau rumput laut untuk mengurangi impor rumput laut pada tahun-tahun mendatang.


Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar