Mutu Produk UKM Harus Ditingkatkan agar Bisa Bersaing

id mutu produk ukm harus ditingkatkan agar bisa bersaing





"Kualitas produk sangat menentukan dalam suatu keberhasilan persaingan dagang," kata Syarifudin Hasan kepada wartawan di sela-sela "1st UNS SME'S Awards 2012" di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Jumat.



Ia mengatakan, dalam hal ini bukan berarti kualitas produk koperasi dan UKM itu jelek, tetapi perlu perhatian terus agar bisa bersaing di pasar. "Ya ibaratnya seperti layaknya anak dari bayi hingga mereka sudah menikah harus terus diperhatikan," katanya.



Menteri mengatakan, dalam rangka meningkatkan kualitas produk, beberapa program yang telah dilakukan antara lain membuat iklim usaha yang baik, menciptakan kesempatan usaha serta perlu dilakukan pendampingan kepada pelaku usaha kecil dan menengah.



Program pendampingan tersebut, Kementerian Koperasi dan UKM telah mengalokasikan anggaran khusus. "Semua program ada alokasi anggaran, tetapi jangan dilihat besar kecilnya anggaran. Dilihat besarnya komitmen dari pemerintah untuk memajukan usaha kecil menengah ini," katanya.



Menteri juga menyambut baik program pendampingan yang telah dilakukan UNS. Melalui pendampingan yang dilakukan, pelaku usaha kecil dan menengah diharapkan akan memiliki output produk yang lebih baik.



"Perjalanan usaha akan lebih tajam, selain itu dari sisi lain aplikasi secara ilmiah bisa melengkapi perjalanan pelaku usaha koperasi dan UKM. Melalui pendampingan, bisa meningkatkan kualitas produk serta memudahkan akses pembiayaan, sedangkan masalah pemasaran menurut saya bukan merupakan masalah yang krusial," katanya.



Rektor UNS Rafik Karsidi mengatakan universitas yang dipimpinya telah mempunyai program pendampingan bagi UKM. Bahkan UNS akan memberikan sertifikasi kepada 800 pendampingan UKM yang nantinya bertugas melakukan pendampingan bagi pelaku UKM.
Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar