Menteri BUMN Saksikan "Sunset" di Balkondes Wanurejo

id menteri bumn saksikan sunset

Menteri BUMN Rini Soemarno menyaksikan matahari tenggelam (sunset) di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. (Foto: ANTARAJATENG.COM/Heru Suyitno)

Magelang, ANTARA JATENG - Menteri BUMN Rini Soemarno bersama beberapa Dirut BUMN menyaksikan matahari tenggelam (sunset) di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wanurejo, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu.

Sambil menunggu matahari terbenam, Menteri BUMN menikmati hiburan dengan memancing ikan di Embung Banyu Panguripan di kompleks balkondes tersebut.

Pada kesempatan tersebut Menteri BUMN mendapat dua ekor ikan, yakni nila dan lele.

Menteri BUMN juga menikmati minum kopi serta mencicipi makanan tradisional dan makan durian menoreh di Balkondes Wanurejo.

Selain itu, dia juga meninjau kegiatan ibu-ibu PKK serta kegiatan anak-anak yang mengikuti bimbingan belajar di balkondes. Menteri BUMN bahkan menyempatkan diri untuk berfoto bersama anak-anak.

Kepala Desa Wanurejo, Umi Aminah saat berdialog dengan Menteri BUMN menyampaikan bahwa untuk menunjang kegiatan Balkondes Wanurejo perlu pendampingan.

"Terutama untuk pemandu wisata, para pemuda kami perlu mendapat pelatihan bukan hanya bahasa Inggris tetapi juga bahasa asing lainnya, karena turis yang datang ke sini dari berbagai negara dan belum tentu bisa berbahasa Inggris," katanya.

Ia mencontohkan beberapa waktu lalu kedatangan turis dari Prancis yang tidak bisa berbahasa Inggris, sedangkan pemandu wisata di sini hanya menguasai bahasa Inggris sehingga komunikasinya tidak ketemu.

Selain pendampingan, katanya, untuk pemberdayaan masyarakat perlu dukungan modal.

Ia mengatakan Balkondes Wanurejo memiliki pemandangan yang sangat indah, antara lain hamparan ladang yang luas, keindahan perbukitan Menoreh, dan panorama matahari terbenam di sekitar Candi Borobudur.

Menteri BUMN menyampaikan untuk pemberdayaan masyarakat, warga bisa mendapatkan kredit murah melalui KUR.

"Kami tetap melakukan pendampingan untuk memajukan balkondes ini," katanya.
Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar