Mau Soto Tauto Lezat, di Warung Ini Tempatnya

id mau soto tauto lezat di warung ini tempatnya

Mau Soto Tauto Lezat, di Warung Ini Tempatnya

Mencari soto tauto di Kota Semarang sama sulitnya mencari udara sejuk di Ibu Kota Jawa Tengah ini. Apalagi kalau mencari soto tauto yang lezat. Jumlah penjual soto khas Pekalongan ini di Semarang bisa dihitung dengan jari.

Namun, sekarang tidak perlu putar-putar untuk mencari soto tauto enak di Kota Lunpia ini. Segera menuju ke Museum Mandala Bhakti di kawasan Tugu Muda. Di situ terdapat deretan warung makan, salah satunya warung makan Soto Taoto (Dhaharan Pekalongan).

Namanya soto tauto, tentu bumbu khasnya adalah tauco. Pemilik warung yang biasa disapa Bu Ning atau Bu Niti ini menggunakan daging sapi. Di daerah asalnya, lazim menggunakan irisan daging kerbau.

"Kalau di Semarang kan sulit mencari daging kerbau. Namun, rasanya tetap enak," katanya.

Bu Ning sedikit menyingkap resep rahasia soto tautonya yang terasa "maknyus" itu. Perempuan paruh baya asli Pekalongan ini menyatakan hanya memakai tauco pilihan. Kecapnya pun khusus didatangkan dari Pekalongan yang memang cocok untuk masakan soto tauto.



Begitu semangkok soto tauto dihidangkan, aroma khas tauco memang terasa, namun tidak tajam. Racikan untuk kuah soto tauco pas di lidah.

Dagingnya pun terasa empuk, namun rasa gurihnya masih kuat. Ini menandakan hanya daging pilihan yang digunakan Bu Ning. Anda bisa memilih nasi atau lontong yang disajikan secara terpisah.

Seporsi soto tauco sudah cukup mengenyangkan. Namun, bila masih kurang, dua atau tiga potong mendoan yang disajikan panas bisa menutup "kelaparan" Anda.

Penutupnya, segelas teh nasgitel (panas, legi, kentel). Dijamin Anda bakal mandi keringat setelah menyantap soto tauto lezat itu.

Berapa Anda harus membayar kelezatan itu? Harga kaki lima, rasa restoran bintang lima.










Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar