Kesbangpol Diminta Aktif Jaga Kamtibmas Jelang Pilkada

id Sri Puryono

Kesbangpol Diminta Aktif Jaga Kamtibmas Jelang Pilkada

Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sri Puryono (kiri). (ANTARA Foto/R. Rekotomo)

Semarang, ANTARA JATENG - Jajaran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik di Provinsi Jawa Tengah diminta aktif menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah secara serentak di tingkat provinsi dan tujuh kabupaten/kota pada tahun 2018.

"Kondisi keamanan di Jateng masih terbilang cukup stabil dan aman, tapi meski demikian kita harus siap mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono di Semarang, Jumat.

Menurut dia, jajaran Kesbangpol harus terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan banyak pihak untuk menjaga situasi kondusif saat ini.

Kesbangpol juga dituntut menjalin kerja sama dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, Forum Kerukunan Umat Beragama, maupun aparat keamanan TNI dan Polri.

"Sering-sering ada pertemuan, jangan ada lagi yang namanya berita-berita hoaks, hasut-menghasut, jelek-menjelekan. Itu semua harus dipantau," ujarnya saat membuka Rapat Koordinasi Badan/Kantor Kesbangpol se-Jawa Tengah.

Menanggapi kemungkinan adanya pegawai negeri sipil yang terlibat politik praktis, Sekda menegaskan, dirinya sudah meminta jajarannya untuk terus menjaga netralitas PNS.

Sanksi pemecatan dan pencopotan jabatan akan diberikan bagi PNS yang terbukti terlibat dalam politik praktis.

"PNS yang ikut terlibat politik praktis kita sidik, kita periksa sesuai dengan kadar kesalahannya. Ada yang diberikan peringatan tingkat ringan, sedang, bahkan sanksi berat mulai dari dipecat, diberhentikan tidak hormat, dan dicopot jabatan supaya ada efek jera," katanya.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jateng Achmad Rofai mengatakan rakor tersebut membahas beberapa agenda yakni, kesiapan Kesbangpol menghadapi tahun politik 2018, kesiapan menjelang natal dan tahun baru, menghadapi peredaran narkoba

Selain Pilgub Jateng, tujuh kabupaten di Provinsi Jateng juga akan menggelar pilkada secara serentak pada 2018.

Ke-7 daerah itu adalah Kabupaten Banyumas, Temanggung, Kudus, Karanganyar, Tegal, Magelang, dan Kota Tegal.
Pewarta :
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar