Jepara Benahi Percepatan Penyerapan Anggaran

id jepara dorong percepatan anggaran 2018

Jepara Benahi Percepatan Penyerapan Anggaran

Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara Sholih tengah menyampaikan sambutan pada acara Sosialisasi Peraturan Bupati Jepara nomor 44/2017 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kegaitan Pembangunan Tahun 2018 di Pendapa Kabupaten Jepara, Rabu (13/12). (foto Antarajateng.com/)

Jepara, ANTARA JATENG - Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, melakukan perbaikan kualitas penyerapan anggaran agar APBD 2018 penyerapan anggarannya bisa berjalan optimal dan tidak menumpuk di akhir tahun anggaran, kata Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara Sholih.

"Jika penyerapan anggarannya bisa maksimal dan merata di sepanjang tahun, tentunya penggunaannya juga bisa berjalan optimal," ujarnya saat membacakan sambutan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi saat Sosialisasi Peraturan Bupati Jepara nomor 44/2017 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Tahun 2018 di Pendapa Kabupaten Jepara, Rabu.

Selama ini, kata Sholih, penyerapan anggaran cenderung dimulai di pertengahan tahun anggaran dan menjelang akhir tahun anggaran.

Ia berharap, pelaksanaan kegiatan pada tahun 2018 nanti bisa dipercepat agar penyerapannya juga maksimal.

Pelaksanaan program kegiatan tersebut, kata dia, akan berdampak pada berputarnya sektor-sektor ekonomi masyarakat.

Oleh karena itu, kata dia, program kegiatan yang sudah direncanakan harus dapat maksimalkan untuk meningkatkan produktivitas dan peningkatan kualitas pelayanan masyarakat maupun pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, kata dia, program kegiatan pemerintah juga bertujuan untuk pengamanan dan perlindungan sosial yang dalam pengelolaannya diperlukan tindakan yang efisien dan efektif, hemat dan tidak boros.

"Pengelolaan kegiatan pembangunan harus menuju ke arah yang lebih baik, bersih, transparan, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Pertaggungjawaban yang diinginkan, kata dia, tidak hanya secara fisik, melainkan dalam hal pengelolaan keuangan serta mempunyai kemanfaatan dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas.

Ia berharap, pencapaian kinerja tahun 2017 yang cukup baik untuk dipertahankan dan ditingkatkan, sedangkan sejumlah kekurangan yang ada untuk diperbaiki pada tahun 2018.

"Kualitas pekerjaan tahun depan juga harus ditingkatkan, termasuk kualitas sumber daya manusia (SDM) dan pelayanan publik," ujarnya.

Meskipun pemerintah mendorong terhadap setiap organisasi perangkat daerah (OPD) untuk meningkatkan penyerapan anggaran, kata dia, prinsip efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran harus menjadi prioritas dengan tetap mengedepankan hasil kerja yang maksimal.

Sementara itu, Asisten II Setda Jepara Sujarot mengungkapkan, bahwa sosialisasi petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan pembangunan tahun 2018 ini bertujuan untuk mewujudkan kesatuan pemahaman dalam melaksanakan sistem dan prosedur penatausahaan atau pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018.
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar