Jelang Natal, Sekda: Harga Kebutuhan Pokok di Jateng Stabil

id sekda jateng sri puryono

Jelang Natal, Sekda: Harga Kebutuhan Pokok di Jateng Stabil

Sekda Jateng Sri Puryono (Foto: ANTARA)

Semarang, ANTARA JATENG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan bahwa harga sebagian besar kebutuhan pokok di Jateng menjelang Hari Natal dan tahun baru masih stabil.

"Harga sebagian besar kebutuhan pokok masyarakat memang stabil, seperti beras, minyak goreng, dan gula pasir, apalagi di gudang Bulog persediaan beras masih 130 ribu ton yang mencukupi hingga Februari 2018, gula pasir 43 ribu ton, dan minyak goreng 230 ribu liter," katanya di Semarang, Jumat.

Kendati demikian, Sekda menyoroti harga cabai yang tinggi dan harga bawang merah yang cenderung turun.

Untuk membantu para petani bawang merah mendapatkan harga yang layak di pasaran, Sekda berencana mengeluarkan imbauan agar aparatur sipil negara di lingkungan Pemprov Jateng membeli bawang merah melalui koperasi dan "Korpri Mart".

"Saya juga sudah meminta anggota Tim Pengendali Inflasi Daerah agar menganalisis fluktuasi harga yang terjadi pada komoditas cabai dan bawang merah," ujarnya.

Hasil analisis itu selanjutnya akan disampaikan kepada publik agar masyarakat menjadi teredukasi.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono menambahkan, kepolisian berperan menjaga kestabilan harga dengan memastikan tidak adanya praktik dagang yang melanggar undang-undang.

Apabila ditemukan praktik curang dalam berdagang, Kapolda menegaskan bahwa pihaknya yang berkoordinasi dengan instansi terkait akan mengambil tindakan tegas.

"Kepada para pelaku pasar saya imbau untuk tidak mencari untung sebesar-besarnya," katanya.

Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar