Jelang Iduladha, Temanggung Intensifkan Pemantaun Kesehatan Hewan Kurban

id temanggung intensifkan pemantauan kesehatan,hewan kurban,iduladha

Jelang Iduladha, Temanggung Intensifkan Pemantaun Kesehatan Hewan Kurban

Ilustrasi--Petugas memeriksa sapi kurban dagangan di Pasar Hewan Pon Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (31/8/2016).

Temanggung, ANTARA JATENG - Tim monitoring Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengintensifkan pemantauan kesehatan dan lalu lintas perdagangan hewan kurban menjelang Lebaran Haji 2017.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung Esti Dwi Utami di Temanggung, Senin, mengatakan bahwa tim monitoring hewan kurban beranggotakan 18 orang.

Ia mengatakan bahwa monitoring hewan kurban sudah dilakukan sejak 21 Juli 2017 di delapan pasar hewan di Temanggung.

Berdasarkan monitoring sebelumnya, belum menemukan adanya ternak yang berpenyakit.

Selain monitoring di delapan pasar hewan, pihaknya juga telah membagikan obat cacing untuk 4.500 ternak sapi, kambing, dan domba yang ada di pasar hewan dan ternak di tingkat petani. Pemberian obat cacing dilakukan sejak Mei hingga Juli 2017.

Menurut dia, dari 4.500 dosis obat cacing yang sudah dibagikan, 2.500 dosis berasal dari anggaran pusat dan 2.000 dosis dari APBD Kabupaten Temanggung.

"Pada bulan Agustus ini sudah tidak bisa memberikan obat cacing pada ternak karena sudah mendekati pelaksanaan penyembelihan hewan kurban," katanya.

Menjelang Iduladha 1438 Hijriah, pihaknya juga melakukan sosialisasi tentang tata cara pemotongan hewan kurban. Pada tahun ini, sosialisasi dilaksanakan di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Jumo, Bulu, dan Tembarak. Setiap sosialisasi diikuti 30 orang warga.

"Kami juga membagikan bantuan pisau daging untuk 45 desa yang tersebar di tiga kecamatan tersebut," katanya.

Pada pelaksanaan Iduladha, pihaknya juga menerjunkan 42 petugas pengawas penyembelihan hewan kurban yang disebar di setiap kecamatan. Sejumlah petugas tersebut, sebanyak 22 orang dari kalangan PNS Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung dan 20 orang dari non PNS, yakni inseminator swadaya dan tenaga harian lepas yang ada di tiap kecamatan.

Pada tanggal 28 s.d. 29 Agustus 2017, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan hewan kurban lagi di Pasar Hewan Terpadu Badran dan Pasar Ngadirejo.


Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar