Jateng Termasuk Daerah Peduli Hak Asasi Manusia

id Penghargaan HAM

Jateng Termasuk Daerah Peduli Hak Asasi Manusia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia karena dinilai sebagai salah satu provinsi yang peduli terhadap HAM. (Foto:Humas dan Protokoler Setda Provinsi Jawa Tengah)

Semarang, ANTARA JATENG - Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang dinilai peduli terhadap hak asasi manusia (HAM).

Penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia itu diserahkan langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada acara Peringatan Ke-69 Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia di Kota Surakarta, Minggu.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat dihubungi melalui telepon terkait penghargaan tersebut mengatakan bahwa pihaknya mendorong pemerintah daerah di 35 kabupaten/kota untuk lebih peduli terhadap HAM.

"Sekarang banyak daerah, baik kabupaten maupun kota yang peduli dan perhatian terhadap HAM, penggunaan teknologi informasi juga ditampilkan secara transparan, menyangkut kebijakan-kebijakan publik maupun beragam persoalan," katanya.

Menurut Ganjar, ruang-ruang komunikasi seperti rembuk desa dan rembuk komunitas di Provinsi Jateng menjadi wadah yang sangat efektif untuk menyampaikan aspirasi serta hak-hak masyarakat yang perlu ditampung dan diselesaikan bersama.

"Selain untuk menyampaikan aspirasi masyarakat, ruang-ruang komunikasi itu juga bisa membuka komunikasi masyarakat dan pemerintah," ujarnya.

Politikus PDI Perjuangan itu selalu memonitor terkait sejumlah kebijakan yang dibuat pemerintah pusat., termasuk melihat dari sisi kepentingan masyarakat dengan terjun langsung ke daerah tiap pekan.

Selain Provinsi Jateng, 35 kabupaten/kota se-Jateng dan 20 provinsi lain di Indonesia juga mendapat penghargaan serupa.
Pewarta :
Editor: Immanuel Citra Senjaya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar