Jangan Hanya Pihak Sekolah, Orang Tua Diminta Berperan Mendidik Anak

id peran orang tua, mendidik anak

Ilustrasi - Orang tua dan anak (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Semarang, ANTARA JATENG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta kalangan orang tua berperan utama dalam mendidik anak sebagai upaya pembentukan karakter, meskipun tanggung jawab pendidikan diserahkan kepada pihak sekolah.

"Peran orang tua dalam pendidikan anak sangat penting dan tidak dapat digantikan oleh siapapun," katanya di Semarang, Selasa.

Menurut Ganjar, pembentukan karakter anak tidak cukup diserahkan kepada lembaga pendidikan dan sekolah sehingga orang tua wajib melakukan komunikasi dengan anaknya guna membangun relasi emosional anak dengan orang tuanya masing-masing.

Politikus PDI Perjuangan itu mengakui jika sekolah juga memiliki tanggung jawab dalam membentuk karakter setiap anak, tapi orang tua tetap yang utama.

"Hal itu harus mendapat dukungan dari masyarakat, tidak bisa diserahkan salah satu, maka orang tua harus mendampingi," ujarnya.

Ganjar menyebutkan, salah satu bentuk fisik pendampingan orang tua adalah mengantarkan anaknya pada hari pertama masuk sekolah.

Hal itu, kata Ganjar, untuk memberikan dorongan dan pembekalan kepada anak agar mereka bisa nyaman dan senang bersekolah, serta mencari pengalaman baru di tempat yang baru.

Ganjar juga mengajak anak agar selalu melakukan komunikasi dengan orang tuanya saat pulang sekolah tentang apa saja yang dikerjakan di sekolah.

"Orang tua pun seharusnya bisa menyisihkan waktunya untuk berdialog dengan anak karena dengan begitu orang tua dapat melakukan pendampingan dan pengawasan, sementara bagi anak akan terbentuk karakter yang baik," katanya.

Mantan anggota DPR RI itu berharap pembentukan karakter anak dapat dilakukan sejak dini untuk menata masa depannya sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga, membanggakan orang tuanya, bangsa dan negara.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar