Indonesia-Vietnam Bahas Laut Tiongkok Selatan

id Indonesia vietnam bahas laut tiongkok selatan

Presiden Joko Widodo. (ANTARA/IORA SUMMIT 2017/Rosa Panggabean)

Jakarta, ANTARA JATENG - Presiden RI Joko Widodo bertemu Sekjen Partai Republik Sosialis Vietnam Nguyen Phu Trong salah satunya membahas tentang Laut Tiongkok Selatan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Sekjen Nguyen bertemu di Istana Merdeka Jakarta, Rabu, bersama sejumlah menteri dari Indonesia dan delegasi dari Vietnam.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menekankan pentingnya menjaga kesatuan dan sentralitas ASEAN.

"Pentingnya bekerja sama juga visi masyarakat ASEAN tahun 2025 kita sudah menyebut baik kemajuan yang dicapai dalam kerangka yang akan jadi dasar yang kuat bagi pengaturan norma komprehensif di Laut China Selatan," katanya.

Kedua negara juga sepakat untuk menjadikan ASEAN sebagai motor bagi terciptanya perdamaian stabilitas dan kesejahteraan kawasan, kata Presiden Jokowi.

Sementara Sekjen Nguyen Phu Trong menyampaikan bahwa dalam pertemuan itu pihaknya merasa puas terkait pembicaraan untuk menangani masalah Laut Tiongkok Selatan.

"Dalam menangani masalah Laut Tiongkok Selatan, saya puas pertemuan ini akan meningkatkan hubungan dan membawa hal yang baik bagi kedua negara, utamanya kontribusi dari seluruh pihak, termasuk masyarakat," katanya.

Pihaknya berterima kasih atas sambutan hangat yang diberikan Presiden RI sekaligus masyarakat Indonesia serta berharap hubungan bilateral kedua negara semakin erat.
Pewarta :
Editor: Totok Marwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar