Hinmi Siap Salurkan Kredit Tanpa Bunga

Pewarta : id hinmi, nelayan jateng

Ilustrasi - Sejumlah pekerja tengah menyiapkan perbekalan untuk kapal nelayan di kawasan Pelabuhan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, sebelum berangkat melaut. (Foto: ANTARAJATENG.COM/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Tegal, ANTARA JATENG - Himpunan Nelayan Mandiri Indonesia (Hinmi) siap menyalurkan kredit bebas bunga dan tanpa agunan kepada nelayan sebagai upaya membebaskan mereka dari jeratan utang oleh para rentenir.

Ketua Umum Hinmi M. Irham di Tegal, Jawa Tengah, Senin, mengatakan bahwa upaya yang dilakukan Hinmi ini sekaligus untuk menyetabilkan harga ikan dari permainkan para tengkulak ikan yang pada ujungnya bisa meresahkan para nelayan.

"Selama ini, para nelayan banyak dirugikan dengan nilai jual ikan akibat tidak adanya lembaga yang membantu menyetabilkan harga. Disaat hasil tangkapan ikan nelayan melimpah maka harga ikan akan merosot, demikian halnya saat hasil tangkapan merosot akan sebaliknya," katanya.

Ia mengatakan adapun bentuk penyaluran kredit tersebut antara lain pembiayaan operasioanal tangakapan seperti pembelian jaring ikan dan peralatan lainnya yang tidak dikenakan bunga dan tanpa agunan.

"Sebagai pilot projek pertama dalam hal bantuan ini, kami akan dilakukan pada para nelayan di Kota Tegal," katanya.

Ia mengatakan Hinmi berkomitmen untuk mensejahterakan nelayan seperti dengan memberikan pinjaman tanpa bunga pada nelayan dan membantu memasarkan hasil tangkap ikan nelayan, serta menstabilkan harga ikan.

"Adapun untuk merealisasikan program kredit tanpa bunga ini, kami akan melakukan kerja sama dengan seluruh koperasi unit desa nelayan se-Indoensia. Kami telah berkoordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Perum Perikanan Indoensia (Perindo)," katanya.

Pengurus KUD Karya Mina Kota Tegal, Hadi mengatakan para nelayan akan menyambut baik upaya Hinmi dengan segera melakukan nota kesepakatan kerja sama dalam hal pemberian bantuan pembiayaan alat tangakap dan penjualan ikan, serta menjaga stabilitas harga ikan.

"Kami segera menandatangani nota kesepakatan dengan Hinmi serta menyosialisasikan program itu. Kami juga telah berkoordinasi dengan Perum Perindo Pusat," katanya.
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar