Hadapi Tahun Baru, Pekalongan Siapkan 125 Bus

id terminal pekalongan, terminal bus

Hadapi Tahun Baru, Pekalongan Siapkan 125 Bus

Ilustrasi - Terminal bus. (ANTARA FOTO/Suryanto)

Pekalongan, ANTARA JATENG - Terminal Tipe A Kota Pekalongan, Jawa Tengah, telah menyiapkan 125 bus antarkota antarprovinsi dan antarkota dalam provinsi untuk menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Koordinator Terminal Tipe A Kota Pekalongan Kementerian Perhubungan, Ali Tas`an di Pekalongan, Kamis, mengatakan bahwa masing-masing bus AKDP bisa menampung 28 sampai 50 penumpang sedangkan bus AKAP 50 penumpang.

"Kesiapan terminal menghadapi kemungkingan lonjakan penumpang sudah kami antisipasi dengan menyediakan ratusan bus untuk mengantar mereka hingga sampai tempat tujuan," katanya.

Ia mengatakan bus yang disiapkan untuk angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 terlebih dahulu akan diperiksa kelaikannya agar tidak menimbulkan kecelakaan di jalan raya.

"Sebelum bus beroperasi akan kami periksa kelaikan jalannya. Prosedur itu bahkan dilakukan setiap hari sebelum bus berangkat dari terminal," katanya.

Ia memperkirakan lonjakan para penumpang di terminal bus terjadi pada 20 Desember 2017 dan 3 Januari 2018.

Adapun bagi penumpang yang tiba di terminal pada malam hari, kata dia, mereka diimbau beristirahat dahulu sambil menunggu angkutan datang pada pagi harinya.

Ia mengatakan sejak awal Desember 2017, Kemenhub terus membenahi fasilitas dan tampilan yang lebih segar sebagai upaya meningkatkan kepuasan layanan pada para penumpang di terminal.

"Sejak terminal di kelola oleh Kemenhub memang banyak perubahan pada kondisi terminal. Adapun sejumlah fasilitas antara lain toilet, tempat duduk ruang tunggu, area merokok, ruang menyusui, dan tempat bermain anak," katanya.

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar