Gerakkan Ekonomi Masyarakat,Wali Kota Magelang Kembangkan Batik

id batik gerakkan ekonomi

Salah satu bakal calon Wagub Jateng dari PDIP yang juga Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito saat kegiatan silaturahim parpol itu ke PDIP Kota Pekalongan. (Foto: ANTARAJATENG.COM/Hari Atmoko)

Magelang, ANTARA JATENG - Pengembangan kreativitas masyarakat dalam mendukung usaha produksi batik dapat menggerakkan perekonomian masyarakat, kata Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito.

"Usaha membatik ini ekonomi kreatif. Ini dapat langsung menggerakkan ekonomi masyarakat," kata Sigit yang juga salah satu bakal calon Wakil Gubernur Jawa Tengah dari PDI Perjuangan itu dalam keterangan tertulis yang diterima di Magelang, Jumat.

Ia mengatakan hal itu saat bersama sejumlah kader dan jajaran pimpinan PDI Perjuangan Kota Magelang melakukan silaturahim ke DPC PDI Perjuangan Kota Pekalongan yang diterima kader parpol setempat dengan dipimpin ketuanya, Titik Restu Ningsih.

Ia mengatakan Kota Magelang patut belajar dari masyarakat Pekalongan dalam mengembangkan usaha ekonomi kreatif batik.

Ia mengemukakan usaha masyarakat, terutama kalangan perempuan Kota Pekalongan, dalam mengembangkan produksi batik turut mendukung penghasilan keluarga.

Anak-anak usia Sekolah Dasar di daerah setempat, ujarnya, juga telah dilatih membatik. Mereka menjadi potensi yang cukup besar dalam pengembangan usaha ekonomi kreatif membatik pada masa mendatang.

"Kota Magelang belajar batiknya dari Pekalongan. Saya dulu sempat menyelinap di sini, dan jadi tahu, ternyata di sini anak-anak usia SD sudah dilatih membatik. Jadi, potensinya memang sudah sangat luar biasa," ucap Sigit.

Sejak zaman dahulu, ujarnya dalam kegiatan yang antara lain juga diikuti kader PDIP Kota Magelang yang juga wakil wali kota setempat Windarti Agustina, Kota Pekalongan dengan empat kecamatan itu dikenal sebagai daerah produsen batik lokal.

Pemerintah Kota Magelang telah mendorong masyarakat mengenakan batik lokal, dengan dimulai dari jajaran aparatur sipil negara dan pelajar di sekolah setempat.

Para perajin batik Kota Magelang, hingga saat ini telah mengembangkan sejumlah motif batik daerah setempat yang meliputi tiga kecamatan dan 17 kelurahan itu.

Pemkot setempat juga memfasilitasi mereka untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif batik mereka, antara lain melalui keterlibatan dalam berbagai pameran.

Ketua DPC PDIP Kota Pekalongan Titik Restu Ningsih menyatakan bangga atas kinerja kader PDIP Kota Magelang dalam posisinya sebagai wali kota setempat, Sigit Widyonindito, dalam membangun Kota Magelang selama dua periode kepemimpinannya.

"Sosok Wali Kota Magelang (Sigit Widyonindito, red.) adalah kader yang hebat yang dimiliki PDIP. Sudah terbukti, di bawah kepemimpinan Pak Sigit, Kota Magelang sekarang tidak diragukan lagi. Kami di Kota Pekalongan ikut merasa bangga," ujarnya.

Pada kesempatan itu, baik Titik maupun Sigit, menyatakan akan menghormati keputusan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri soal rekomendasi untuk pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng dari parpol tersebut yang maju dalam pemilihan mendatang.
Pewarta :
Editor: Wisnu Adhi Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar