Disnaker Minta Komitmen Perusahaan Terkait Skala Upah

id Pelatihan apindo

Disnaker Minta Komitmen Perusahaan Terkait Skala Upah

Pelatihan mengenai struktur dan skala upah yang dilakukan oleh Apindo Soloraya beberapa waktu lalu (Foto: ANTARAJATENG.COM/dokumen Apindo)

Sebenarnya penyusunan ini mudah, gaji dibedakan berdasarkan jabatan dan lamanya kerja
Solo, ANTARA JATENG - Dinas Sosial Tenaga Kerja Kota Solo meminta komitmen perusahaan terkait penyusunan struktur skala upah bagi tenaga kerja.

"Setidaknya tanggal 23 Oktober tahun ini pembuatan struktur skala upah harus selesai," kata Kepala Seksi Pengupahan Dinas Sosial Tenaga Kerja Totok Santosa di Solo, Kamis.

Menurut dia, penerapan struktur skala upah tersebut sebetulnya sudah diberlakukan sejak tahun 2004, namun demikian baru diwajibkan mulai tahun ini.

Untuk memastikan pembuatan tersebut, pihaknya akan mengecek perusahaan satu persatu guna memastikan apakah perusahaan sudah menyelesaikan pembuatan struktur skala upah tersebut.

Ia mengatakan penyusunan struktur skala upah tersebut penting sebagai syarat perjanjian perusahaan atau perjanjian kerja bersama dengan buruh atau serikat buruh maupun dengan pihak luar.

Menurut dia, pihak dinas tidak akan mengikat perjanjian kerja sama dengan perusahaan yang belum membuat struktur skala upah tersebut.

Ia tidak memungkiri, kesulitan mengenai penyusunan struktur skala upah tersebut akan dialami oleh perusahaan kecil yang baru merintis. Meski demikian, untuk perusahaan besar tidak akan kesulitan melakukan kewajiban tersebut.

"Sebenarnya penyusunan ini mudah, gaji dibedakan berdasarkan jabatan dan lamanya kerja. Contohnya, gaji pesuruh dengan kepala bagian tentu saja beda. Selain itu, gaji karyawan yang baru bekerja dua tahun dengan yang sudah bekerja selama sepuluh tahun juga berbeda," katanya.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Soloraya Baningsih mengatakan belum lama ini para pengusaha yang diwakili oleh bagian personalia melakukan pelatihan terkait penerapan struktur skala upah tersebut.

"Pelatihan ini juga sekaligus kami manfaatkan sebagai pertemuan untuk menyikapi kebijakan pemberlakuan struktur skala upah yang diterapkan oleh pemerintah," katanya.

Menurut dia, melalui pertemuan tersebut para pengusaha berupaya menyamakan persepsi agar tidak ada salah pemahaman terkait kebijakan tersebut.

Pewarta :
Editor: M Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar