Delapan Petinju Bersaing di Indonesia Boxing Championship

id delapan petinju bersaing di indonesia boxing championship

Mantan Juara Dunia Tinju Chris John

Semarang, Antara Jateng - Sebanyak delapan petinju dari berbagai daerah di Indonesia bersaing pada babak perempat final "Indonesia Boxing Championship" yang digagas mantan juara dunia tinju kelas bulu WBA Chris John.

"Ajang pencarian petinju berbakat sudah memasuki babak delapan besar dan mereka akan saling bertanding pada 29 Oktober mendatang," kata Anna Maria Megawati dari PT Chris John Indonesia ketika dihubungi di Semarang, Jateng, Kamis.

Kedelapan petinju yang bersaing di babak perempat final adalah Soni Gashonpal (Kodam III/Siliwangi Bandung), Ahmad Lahizab (Jakarta), Agus Puma (Angkatan Udara), Defry Palulu (Jakarta), Julius Mauk (Kopassus Kartasura), Arief Blader (Jateng), Jason Butar Butar, serta Waldo Sabu (Sulawesi Utara).

"Mereka semuanya bertarung di kelas bulu (57,1 kilogram) untuk menjadi yang terbaik di ajang ini," kata istri mantan juara dunia kelas bulu WBA Chris John tersebut.

Babak delapan besar tersebut, kata mantan atlet wushu Jawa Tengah tersebut, akan dilaksanakan di Sasana Mirah Bali milik Zaenal Thayib (promotor tinju) yang telah disulap menjadi tempat pertandingan yang dilengkapi dan kini dikelola mantan pelatih sekaligus manajer Chris John, Craig Christian.

Ia menambahkan, audisi untuk Indonesia Boxing Championship ini semula yang mendaftar sekitar 50 petinju khusus kelas bulu tetapi yang diterima hanya 32 petinju.

Kemudian, diseleksi lagi menjadi 16 petinju. Mulai babak 16 besar ini, pertandingannya ditayangkan oleh sebuah stasiun televisi swasta nasional (kompas TV).

Ketika ditanya kelanjutan dari juara audisi tersebut, Chris John mengatakan kalau ada sponsor yang masuk tentunya akan diarahkan ke jenjang Asia atau bahkan dunia.

Selain itu, lanjut dia, adalah menggelorakan tinju profesional Indonesia agar menjadi tontonan favorit dan memberikan kesempatan kepada petinju berbakat untuk bertanding.

Mantan juara dunia tinju kelas bulu Chris John membuat ajang pencarian petinju Indonesia di kelas yang digelutinya dulu tersebut dengan melalui ajang Indonesia Boxing Championship.

Sebelumnya Chris John mengatakan acara yang 15 Agustus 2016 tersebut berawal dari keinginan membawa masa kejayaan tinju profesional Indonesia seperti dirinya dan juga legenda tinju Ellyas Pical atau melebihi mereka.

"Saya dan Om Elly serta beberapa nama lainnya pernah membawa kebanggaan bagi Indonesia di ajang tinju yang tentu dengan dukungan berbagai pihak seperti pelatih saya Craig Christian, Radja Sapta Oktohari dan Alm. Sutan Rambing. Kini saatnya saya menjadi tim pendukung untuk membantu petinju profesional Indonesia berbakat lainnya meraih impian mereka berlaga dan menjadi juara di tingkat Internasional," kata Chris.

Ajang Indonesia Boxing Championship tersebut digagas oleh perusahaan PT Chris John Indonesia (CJI) dengan menggandeng salah satu perusahaan televisi nasional sebagai lembaga penyiaran gelaran tersebut.
Pewarta :
Editor: hernawan
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar