Calon Pimpinan DPRD Jateng Sedang Disiapkan

id calon pimpinan dprd jateng sedang disiapkan

Calon Pimpinan DPRD Jateng Sedang Disiapkan



"Kami telah mengusulkan dan menyiapkan lima nama lebih pengurus DPD yang menjadi caleg terpilih yang akan dipilih untuk menduduki jabatan Ketua DPRD Jateng," kata Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Tengah Heru Sudjatmoko di Semarang, Kamis.



Ia mengatakan pengurus DPD PDIP Jateng yang juga caleg terpilih dan sedang dipersiapkan untuk uji kelayakan serta kepatutan itu antara lain, Rukma Setiabudi, Nunik Sriyuningsih, Alwin Basri, dan Sri Ruwiyati.



"Nanti DPP PDIP yang akan memutuskan siapa yang akan menjadi ketua DPRD Jateng periode 2014--3019, kami hanya menyiapkan nama-namanya saja," ujar pria yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Jateng itu.



Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Jateng Fikri Faqih mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar pertemuan dengan para dewan pimpinan tingkat wilayah untuk membicarakan usulan-usulan dari kabupaten/kota mengenai siapa saja yang akan menjadi ketua fraksi, dan wakil ketua DPRD kabupaten/kota.



"Setelah pembahasan usulan dari daerah, akan dibahas mengenai usulan nama caleg terpilih di DPRD Jateng yang akan diusulkan ke pengurus pusatuntuk menjadi wakil ketua DPRD Jateng," katanya.



Menurut dia, ada delapan kabupaten/kota di Jateng yang dipastikan mendapatkan kursi wakil ketua DPRD di wilayah masing-masing.



"Kami memprioritaskan pembahasan usulan di tingkat kabupaten/kota dulu karena beberapa daerah sudah dilakukan pelantikan," ujarnya.



Wakil Ketua DPD Partau Gerindra Jateng Sriyanto Saputro yang dihubungi terpisah juga mengungkapkan kalau partainya sudah mengusulkan dua nama caleg terpilih ke pengurus pusat agar memilih salah satu menjadi wakil ketua DPRD Jateng.



"Dua nama yang diusulkan menjadi wakil pimpinan DPRD Jateng itu adalah Agus Riyadi dan Iskandar Zulkarnain, sedangkan Heri Pudyatmoko serta Sri Hartini akan diusulkan menjadi ketua fraksi," katanya.



Berdasarkan rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Jateng hasil Pemilu Legislatif 9 April 2014 oleh KPU Jateng pada Selasa (13/5), terpilih sebanyak 100 anggota dewan provinsi setempat yang terdiri atas 23 perempuan dan 67 laki-laki.



Dari 100 anggota dewan tersebut, PDIP memperoleh 27 kursi atau bertambah empat kursi dibandingkan Pemilu 2009.



Partai Kebangkitan Bangsa memperoleh sebanyak 13 kursi, Partai Gerindra 11 kursi, PKS dan Golkar masing-masing 10 kursi anggota DPRD Jateng periode 2014-2019.
Pewarta :
Editor: Wisnu Adhi Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar