Bupati Purbalingga Ajak Masyarakat Jaga Pancasila

Pewarta : id bupati purbalingga, tasdi,

Bupati Purbalingga Tasdi. (Foto: ANTARAJATENG.COM/Dok. Dinkominfo Purbalingga)

Purbalingga, ANTARA JATENG - Bupati Purbalingga, Jawa Tengah, Tasdi, mengajak seluruh masyarakat di wilayah tersebut khususnya para generasi muda untuk menjaga Pancasila serta persatuan dan kesatuan Indonesia.

"Mari bersama-sama menjaga Pancasila mengingat ancaman terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah di depan mata," kata Bupati Purbalingga, Tasdi di Purbalingga, Selasa.

Dia menyebutkan, ancaman tersebut antara lain, aksi terorisme, radikalisme, anti Pancasila, dan konflik berlatarbelakang SARA.

Bupati menambahkan, pada masa yang akan datang, ancaman bukan lagi soal perang terbuka.

"Ancaman bisa datang dari internal dan eksternal. Ancaman dengan memasukan paham tertentu yang antiPancasila dan juga adu domba antarsesama warga," katanya.

Karena itu, dia mengajak generasi muda di wilayah tersebut untuk turut serta melawan paham radikalisme dan menjaga Pancasila.

"Para generasi muda harus memiliki semangat bela negara," katanya.

Selain itu, generasi muda juga perlu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila, juga perlu dihayati dan diimplementasikan masyarakat," katanya.

Selain itu, Bupati juga mengajak para generasi muda di wilayah tersebut untuk terus mengobarkan semangat Jenderal Besar Soedirman

"Jenderal Soedirman rela memimpin perang ketika sakit sekalipun. Dia tidak menghiraukan rasa sakitnya demi memperjuangkan kemerdekaan. Generasi muda harus bersemangat seperti layaknya Jenderal Soedirman. Apalagi, Soedirman lahir di Purbalingga," katanya.
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar