Bupati Kebumen Tekankan Kades Atasi Kemiskinan

id BUPATI KEBUMEN TEKANKAN KADES ATASI KEMISKINAN

Bupati Kebumen Tekankan Kades Atasi Kemiskinan

Sebanyak 50 kepala desa di Kabupaten Kebumen dilantik oleh Bupati Mohammad Yahya Fuad, Selasa (21/11). (Foto: ANTARAJATENG.COM/dokumen Humas Pemkab Kebumen)

Kebumen, ANTARA JATENG - Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad menekankan kepada para kepala desa di kawasan selatan Provinsi Jawa Tengah itu untuk fokus dalam mengatasi berbagai persoalan terkait dengan kemiskinan.

"Kepala desa harus bekerja dengan cepat melayani masyarakat, terlebih menyangkut masalah kemiskinan," katanya ketika mengambil sumpah dan melantik 50 kepala desa yang baru di Kebumen, Selasa.

Ia menyebut tingginya tingkat kemiskinan di Kabupaten Kebumen, bahkan peringkat kedua sebagai daerah termiskin di Jateng.

Oleh karena itu, katanya, peranan para kepala desa penting dalam mengatasi persoalan kemiskinan di daerah masing-masing.

Ia juga mengatakan bahwa kepala desa harus memberikan pelayanan optimal, ramah, cepat, mudah, dan murah kepada masyarakat.

"Jika ini diterapkan maka masyarakat akan puas dengan pelayanan dari pemerintah desa," ujarnya.

Ia optimistis bahwa para kades yang dilantik itu mampu mengemban amanah masyarakat dengan baik.

Apalagi, ujarnya, mereka menjalani pemilihan kepala desa secara serentak pada 6 September 2017 tanpa praktik politik uang yang dalam masyarakat setempat sebagai "Wuwuran".

"Kami meyakini pilkades tahun ini 90 persen bersih tanpa `wuwuran`. Karena produk pilkades bersih maka masyarakat berharap kepala desanya juga bersih, amanah, dan antikorupsi," katanya.

Sebanyak 50 kades yang dilantik tersebut, terdiri atas 49 orang hasil pilkades serentak dan seorang kades untuk pilkades pergantian antarwaktu, yakni Desa Meles, Kecamatan Adimulyo.

Pewarta :
Editor: M Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar