BPBD orong Masyarakat Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

id BPBD

BPBD orong Masyarakat Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

Seorang petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah mengecek persiapan logistik sebagai bentuk kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir dan tanah longsor pada musim hujan 2017. (Foto:ANTARAJATENG.COM/Wisnu Adhi N.)

Banjarnegara, ANTARA JATENG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Jawa Tengah terus mendorong masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

"Masyarakat terus didorong untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Banjarnegara Andri Sulistyo di Banjarnegara, Minggu.

Pasalnya, intensitas hujan di wilayah Kabupaten Banjarnegara masih tinggi dan kondisi demikian dikhawatirkan berpotensi memicu terjadinya bencana tanah longsor, pohon tumbang dan lain sebagainya.

"Terlebih di wilayah rawan longsor yang ada di Banjarnegara," katanya.

Dia menambahkan selama ini sejumlah masyarakat di Banjarnegara khususnya yang tinggal di lokasi rawan bencana telah memiliki pemahaman terhadap risiko bencana

"Masyarakat sudah mulai memahami kerawanan bencana, ini sebuah proses yang cukup panjang dalam rangka mendorong pemahaman masyarakat tentang ancaman bencana di daerah mereka tinggal," katanya.

Meski demikian, kata dia, pemerintah kabupaten terus melakukan berbagai upaya guna meningkatkan pemahaman masyarakat dalam mencermati kerawanan bencana alam di lingkungannya.

"Minimal masyarakat mampu mengantisipasi jika kemungkinan terjadi bencana di lingkungan tempat tinggal mereka," katanya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat Banjarnegara, Jawa Tengah, untuk mewaspadai hujan dengan durasi lama dan intensitas tinggi yang bisa memicu bencana longsor dan pohon tumbang.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara), Setyoajie Prayoedhie menjelaskan hujan pada siang hingga malam dalam durasi 30 menit hingga satu jam dengan intensitas tinggi disertai petir dan angin kencang dikhawatirkan memicu bencana longsor dan lain sebagainya.

Meski demikian, BMKG mengingatkan masyarakat agar tetap tenang dan mengikuti arahan dari instansi terkait.

"Kepada masyarakat kami imbau agar tetap tenang dan mengikuti arahan BPBD serta informasi resmi dari BMKG," katanya.
Pewarta :
Editor: Wisnu Adhi Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar