BPBD Minimalkan Bencana Saat Musim Hujan

id bpbd

BPBD Minimalkan Bencana Saat Musim Hujan

Solo - Pemangkasan pohon di Jalan Slamet Riyadi Solo dilakukan oleh BPBD Kota Solo (Foto: ANTARAJATENG.COM/Aris Wasita Widiastuti)

Solo, ANTARA JATENG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Solo, Jawa Tengah, berupaya meminimalkan bencana yang berpotensi terjadi pada saat musim hujan.

"Salah satunya kami mencegah pohon tumbang atau patah yang bisa menimpa masyarakat pada saat angin kencang," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Solo Dono Tumpo di sela kegiatan pemangkasan sejumlah pohon di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo, Jumat.

Ia mengatakan kriteria pohon ditebang adalah pohon yang dahannya menjorok ke tengah jalan dan jika patah berpotensi mengenai pengguna jalan. Menurut dia, pemangkasan pohon tidak hanya dilakukan di Jalan Slamet Riyadi tetapi juga di Jalan Bhayangkara, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Ir Sutami.

Sementara itu, Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Kota Solo Sumarno mengatakan selain pemangkasan pohon, pihaknya juga melakukan pencabutan pohon hingga akarnya.

Menurut dia, pencabutan tersebut khusus untuk pohon tua yang rentan jatuh apabila terhempas angin dan hujan.

"Tepatnya ada lima pohon yang kami cabut," katanya.

Selanjutnya, upaya lain untuk meminimalisasi risiko bencana saat musim hujan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan sosialisasi tentang pengurangan resiko bencana di semua kecamatan di Solo.

"Harapan kami masyarakat mulai sadar, seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak melakukan tindakan yang berpotensi merusak alam," katanya.

Menurut dia, hal itu penting dilakukan mengingat ada beberapa titik di Kota Solo yang rawan banjir. Ia mengatakan dari hasil pemetaan yang dilakukan oleh BPBD Kota Solo, empat kawasan yang berpotensi banjir yaitu Kampung Sewu, Joyontakan, Semanggi, dan Sanggrah.
Pewarta :
Editor: Zuhdiar Laeis
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar