Banyumas Targetkan 123 Ribu Wisatawan Selama Libur Natal-Tahun Baru

id taman bale kemambang,objek wisata purwokerto

Banyumas Targetkan 123 Ribu Wisatawan Selama Libur Natal-Tahun Baru

Taman Bale Kemambang merupakan salah satu objek wisata andalan di kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas. (Foto: ANTARAJATENG.COM/Sumarwoto)

Purwokerto, ANTARA JATENG - Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menargetkan jumlah wisatawan yang berkunjung selama liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 mencapai 123.000 orang.

"Saat liburan Natal tahun lalu, kunjungan wisatawan mencapai 100.000 orang sehingga tahun ini diharapkan naik sekitar 23 persen (123.000 orang) seperti saat lebaran kemarin yang mencapai kisaran 145.000 orang atau meningkat dari lebaran sebelumnya yang mencapai 118.000 orang," kata Kepala Dinporabudpar Banyumas Asis Kusumandani di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait dengan pengamanan di objek wisata selama liburan Natal dan Tahun Baru.

Menurut dia, koordinasi tersebut di antaranya mengenai pengamanan jalur wisata dan langkah antisipasi terhadap berbagai kemungkinan yang dapat terjadi.

"Kebetulan mayoritas objek wisata di Kabupaten Banyumas menawarkan keindahan alam terbuka dan saat sekarang sedang musim hujan sehingga kami juga berkoordinasi dengan SAR (Search and Rescue) untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya sesuatu yang disebabkan oleh hujan," katanya.

Menurut dia, upaya-upaya tersebut dilakukan dalam rangka memberi rasa nyaman dan aman bagi wisatawan.

Terkait dengan kegiatan pada malam pergantian tahun, Asis mengatakan pihaknya akan menggelar hiburan musik di beberapa lokasi.

Dalam hal ini, kata dia, di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwakerta direncanakan ada panggung hiburan musik dangdut, di Bukit Bintang atau Objek Wisata Baturraden berupa musik jaz, Pendapa Si Panji Purwokerto diisi tembang kenangan.

Selain itu, lanjut dia, di Alun-Alun Kecamatan Banyumas akan ada pergelaran wayang kulit, serta Gelanggang Olahraga Satria Purwokerto dan Alun-Alun Kecamatan Sumpiuh berupa hiburan musik.

Ia mengharapkan panggung hiburan di sejumlah lokasi tersebut dapat menjadi pilihan masyarakat dalam menyambut Tahun Baru 2018. 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar