Banyumas Extravaganza Andalkan Topeng dan Batik

id banyumas extravaganza andalkan topeng dan batik





"Kegiatan 'Banyumas Extravaganza 2014' merupakan puncak peringatan Hari Jadi Ke-432 Kabupaten Banyumas. Kami berharap potensi pariwisata Kabupaten Banyumas akan semakin dikenal melalui kegiatan tersebut," katanya di Purwokerto, Rabu.



Menurut dia, Banyumas Extravaganza dengan tema Topeng dalam Balutan Batik Banyumasan merupakan kegiatan tahunan berupa karnaval yang menampilkan berbagai potensi andalan Kabupaten Banyumas salah satunya kerajinan batik.



"Bahkan dalam pergelaran kali ini, akan ditampilkan pula atraksi Kentongan Spektakuler yang diikuti oleh 432 penabuh kentongan berikut para penari," katanya.



Ia mengharapkan kegiatan promosi pariwisata daerah itu dapat menjadi ikon wisata Kabupaten Banyumas.



Dengan demikian, kata dia, pariwisata Banyumas akan semakin dikenal dan wisatawan semakin banyak yang mendatangi objek-objek wisata andalan kabupaten itu.



Dalam kesempatan terpisah, Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas Deskart Sotyo Jatmiko mengatakan bahwa selama ini festival topeng internasional yang dikenal hanya "Andong Mask Dance Festival" di Korea Selatan.



"Di Jawa Tengah belum ada yang menyelenggarakan kegiatan yang memadukan ikon topeng dan batik," katanya.



Oleh karena itu, dia mengharapkan konsep tersebut menjadi terobosan baru di pariwisata Banyumas serta mampu menarik perhatian wisatawan mancanegara.



Kegiatan Banyumas Extravaganza itu akan mengambil start dari depan Bioskop Rajawali di Jalan S. Parman, selanjutnya menyusuri Jalan Jenderal Soedirman, dan berakhir di Jalan Jenderal Soetoyo, Purwokerto.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar