Aji Gelar Kongres Ke-10 Di Solo

Pewarta : id aliansi jurnalis independen

Aliansi Jurnalis Independen (Istimewa)

Solo, ANTARA JATENG - Aliansi Jurnalis Independen menggelar kongres ke-10 di Hotel Sunan Kota Solo, Jawa Tengah, pada 24-25 November 2017.

"Kami memilih Kota Solo untuk lokasi kongres karena Solo merupakan tempat lahirnya media nasional," kata Ketua AJI Suwarjono di Solo, Selasa.

Ia mengatakan kongres itu merupakan agenda tiga tahunan.

Sebagai agenda awal, tepatnya pada 24 November pukul 13.00 WIB, AJI akan mengadakan konferensi bertajuk Jurnalisme di Era Revolusi Industri Keempat.

Selain itu, seperti pada kongres sebelumnya, pihaknya juga akan menetapkan anggaran dasar, anggaran rumah tangga, kode etik, kode perilaku, pengaturan organisasi, dan pokok-pokok program kerja selama tiga tahun ke depan.

"Kongres ini sekaligus akan memilih dan menetapkan pasangan Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AJI periode selanjutnya," katanya.

Selain itu, kongres juga akan menetapkan dan memilih anggota Majelis Pertimbangan Organisasi Nasional dan Badan Pengawas Keuangan Nasional.

Suwarjono mengatakan pada kongres tersebut juga akan dilakukan evaluasi laporan pertangungjawaban ketua umum dan sekretaris jenderal saat ini.

Kongres diselenggarakan dalam satu rangkaian dengan Festival Media 2017.

Ia mengatakan Festival Media 2017 akan diselenggarakan di Graha Soloraya pada 23-24 November 2017.

"Mengenai pelaksanaan tersebut, isu yang kami angkat mengenai kekerasan terhadap jurnalis, menangkal berita `hoax`, hingga mengharamkan pemuatan berita yang mengeksploitasi kasus bernuansa SARA," katanya.

Melalui kegiatan tersebut, pihaknya ingin memberikan ruang bagi jurnalis, pengelola media massa, baik cetak, daring, radio, maupun televisi untuk berinteraksi dengan masyarakat luas.
Editor: Heru Suyitno
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar