1.023 Napi Se-Nusakambangan dan Cilacap Peroleh Remisi

Pewarta : id remisi,lapas cilacap

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyerahkan secara simbolis remisi umum dalam rangka memperingati HUT Ke-72 Kemerdekaan RI di Aula Lembaga Pemasyarakatan Cilacap, Kamis (17/8/2017). (Foto: ANTARAJATENG.COM/Sumarwoto)

Cilacap, ANTARA JATENG - Sebanyak 1.023 napi dari tujuh lembaga pemasyarakatan di Pulau Nusakambangan dan satu lapas di Cilacap, Jawa Tengah, memperoleh remisi umum dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Saat ini, jumlah warga binaan pemasyarakatan (napi, red.) di Nusakambangan dan Cilacap sebanyak 1.977 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.023 orang di antaranya memperoleh remisi umum," kata Koordinator Lapas Se-Nusakambangan dan Cilacap Sujonggo saat penyerahan remisi dalam rangka HUT Ke-72 Kemerdekaan RI di Aula Lapas Cilacap, Kamis.

Dia mengatakan dari 1.023 napi yang memperoleh remisi itu, sebanyak 984 orang mendapat RU I dan 39 orang menerima RU II.

Dalam hal ini, napi yang memperoleh RU I hanya mendapatkan pengurangan masa pidana berkisar 15 hari hingga enam bulan sehingga masih harus menjalani sisa pidananya.

Sementara untuk napi yang memperoleh RU II , besaran remisi yang diterima menghabiskan sisa masa pidananya.

Remisi tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji kepada dua orang perwakilan napi penerima remisi.

Informasi yang dihimpun, dari 39 napi yang menerima RU II, 32 orang di antaranya tersebar di tujuh lapas se-Nusakambangan, yakni Lapas Batu sebanyak tiga orang, Lapas Besi delapan orang, Lapas Narkotika dua orang, Lapas Kembangkuning empat orang, Lapas Permisan lima orang, Lapas Pasir Putih lima orang, dan Lapas Terbuka lima orang, sedangkan sisanya yang sebanyak tujuh orang merupakan napi Lapas Cilacap.

Kendati penerima RU II sebanyak 39 orang, jumlah napi yang langsung bebas pada tanggal 17 Agustus 2017 hanya 21 orang karena 18 orang lainnya masih menjalani hukuman kurungan sebagai pengganti denda.

Napi yang langsung bebas itu berasal dari Lapas Batu sebanyak tiga orang, Lapas Besi satu orang, Lapas Narkotika dua orang, Lapas Kembangkuning dua orang, Lapas Permisan dua orang, Lapas Terbuka lima orang, dan Lapas Cilacap enam orang.
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar