Menpora Berpakaian Wayang pada Kirab "Solo Carnival"

id menpora berpakaian wayang pada kirab solo carnival

Menpora Berpakaian Wayang pada Kirab

Peserta Solo Batik Carnival (Foto Antara/Akbar Nugroho)



"Saya bersama Pak Menpora akan memakai pakain wayang. Hanya saja, untuk sekarang ini masih dicarikan yang tepat dan disesuai dengan perannya dalam karnaval tersebut," kata Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo--akrab dengan sapaan Rudy--di Solo, Jumat.

Rudy mengatakan bahwa dirinya dan Menpora akan mengenakan pakaian wayang orang sebagai senopati. Dan, hingga siang ini (15/2), panitia masih memilih peran yang cocok bagi dirinya dan Roy.

Ia menjelaskan bahwa kirab budaya itu akan menempuh rute dari Lapangan Kota Barat menyusuri Jalan Slamet Riyadi Solo menuju kompleks Balai Kota Surakarta.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Peringatan HUT Ke-268 Kota Surakarta Suwarta menjelaskan bahwa pada karnaval itu akan menampilkan pertunjukan ondel-ondel.

Suwarta mengatakan bahwa hiburan itu merupakan sumbangan donatur dari Jakarta. Namun, dia tidak mau menyebutkan identitas penyumbang tersebut.

"Apakah sumbangan itu berasal dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang juga mantan Wali Kota Surakarta?" tanya wartawan, Suwarta pun enggan menjawabnya. Dia hanya menegaskan,"Ondel-ondel itu sumbangan dari donatur asal Jakarta."

Lebih lanjut Suwarta mengatakan bahwa kirab itu juga akan melibatkan ribuan pelajar, baik dari sekolah menengah atas (SMA) maupun sekolah menengah kejuruan (SMK), kemudian anggota sanggar, pelaku seni, dan komunitas seni di Kota Solo.

"Mereka akan menampilkan berbagai macam kesenian sesuai dengan tema yang kami tentukan. Dan, Kami akan tampilkan potensi yang dimiliki Kota Solo," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar