Pemerintah Kudus: Penerapan sekolah tatap muka tunggu zona hijau

id Pemkab, penerapan sekolah tatap muka, tunggu Kudus berstatus zona hijau

Pemerintah Kudus: Penerapan sekolah tatap muka tunggu zona hijau

Pengenalan siswa baru di salah satu SMP di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, ketika masih masa pandemi COVID-19. (Ilustrasi). (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Kudus (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, belum memberikan izin kegiatan belajar-mengajar secara tatap muka dalam waktu dekat karena masih menunggu perubahan status dari zona oranye menjadi hijau.

"Jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Kudus akhir-akhir ini memang menurun, namun kami belum berniat memberikan izin kegiatan belajar dengan tatap muka," ujar Pelaksana Tugas Bupati Kudus Hartopo di Kudus, Rabu.

Menurut dia untuk membuka sekolah kembali dengan metode tatap muka, lebih amannya menunggu ketika Kabupaten Kudus turun menjadi zona hijau, tanpa ada temuan kasus atau tidak terdampak COVID-19 atau zona kuning, yang skornya mendekati zona hijau.

Kabupaten Kudus sendiri, kata dia, hingga kini masih berstatus zona oranye dengan risiko kenaikan kasus tingkat sedang.

Untuk saat ini, Pemkab Kudus belum mengizinkan adanya kegiatan belajar dengan tatap muka sehingga pembelajarannya harus secara daring (dalam jaringan).

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kudus Harjuna Widada mengakui belum ada keputusan untuk melakukan pembelajaran tatap muka karena masih dirapatkan dengan berbagai pihak.

Selain itu, lanjut dia, untuk menggelar proses belajar mengajar dengan tatap muka juga harus mendapatkan izin dari Pelaksana Tugas Bupati Kudus yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19.

"Jika mendapatkan izin, maka siswa harus mematuhi protokol kesehatan, salah satunya selain memakai masker juga harus memakai faceshield tersebut demi menghindari penularan COVID-19," ujarnya. 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar