Perkuat mitigasi bencana jelang musim hujan

id bencana,bupati banjarnegara, mitigasi bencana, bencana hidrometeorologi, banjir

Perkuat mitigasi bencana jelang musim hujan

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. ANTARA/HO-Humas Pemkab Banjarnegara

Banjarnegara (ANTARA) - Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah Budhi Sarwono mengingatkan seluruh pihak terkait mengenai pentingnya memperkuat upaya mitigasi bencana menjelang musim hujan.

"Kami mengingatkan seluruh pihak terkait, termasuk masyarakat, mengenai pentingnya memperkuat mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan menjelang musim hujan," katanya di Banjarnegara, Jawa Tengah, Senin.

Baca juga: BMKG: Jateng masuki musim hujan awal Oktober 2020

Dia mengatakan berdasarkan informasi dari BMKG, wilayah Kabupaten Banjarnegara akan memasuki musim hujan pada bulan Oktober 2020.

Dia menambahkan upaya mitigasi atau pengurangan risiko bencana merupakan langkah strategis yang perlu dilakukan.

"Kita memang tidak bisa memprediksi kapan terjadinya bencana, namun setidaknya kita bisa melakukan upaya untuk mengurangi dampak risiko bencana dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto menambahkan BPBD Banjarnegara terus meningkatkan kesiapsiagaan menjelang awal musim hujan guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi, seperti longsor, Banjir dan angin kencang.

Dia menjelaskan pihaknya juga telah melakukan pemantauan secara berkala ke wilayah-wilayah rawan longsor yang ada di Kabupaten Banjarnegara.

Baca juga: Hujan masih berpotensi turun di wilayah Jawa Tengah pada awal kemarau

"Tujuannya sebagai salah satu upaya mitigasi atau pengurangan risiko bencana hidrometeorologi, seperti longsor, banjir dan angin kencang, mengingat sebagian daerah di Banjarnegara merupakan wilayah rawan tanah longsor," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan BMKG setempat dan meneruskan informasi cuaca terkini kepada seluruh warga Banjarnegara.

Menurut dia, masyarakat tidak perlu panik, namun perlu waspada terutama jika terjadi hujan lebat dengan durasi yang cukup panjang.

"Masyarakat tidak perlu panik, namun perlu tetap meningkatkan kewaspadaan terutama jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan durasi yang lama, terutama bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan longsor," katanya.

Pewarta :
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar