Senin, BMKG: Banjarnegara bakal cerah berawan

id cuaca

Senin, BMKG: Banjarnegara bakal cerah berawan

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie (ANTARA - Wuryanti PS)

Banjarnegara (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah akan cerah berawan sepanjang hari Senin (31/8).

"Kondisi cuaca di Banjarnegara pada Senin diprakirakan cerah berawan," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu.

Dia menambahkan kondisi tersebut diprakirakan terjadi di hampir seluruh wilayah Banjarnegara mulai dari Kecamatan Banjarmangu hingga Wanayasa.

Dia juga menambahkan bahwa berdasarkan analisa curah hujan curah hujan pada dasarian pertama bulan September 2020 di wilayah Banjarnegara dan kabupaten lain di sekitarnya diprakirakan masih berpeluang terjadi hujan dengan kriteria rendah yakni 0 - 20 milimeter per dasarian.

Dia juga menambahkan pada dasarian ketiga bulan Agustus 2020 yang lalu wilayah Banjarnegara pada umumnya mengalami hujan dengan tingkat curah hujan 0 – 50 milimeter per dasarian.

Sementara itu pihaknya juga mengingatkan masyarakat di wilayah setempat untuk mewaspadai kekeringan selama puncak musim kemarau.

"Waspadai krisis air bersih dan juga kebakaran lahan terutama di wilayah yang rawan terjadi krisis air bersih," katanya.

Dia menambahkan selain wilayah Banjarnegara, imbauan serupa juga disampaikan bagi wilayah kabupaten sekitar seperti Banyumas, Purbalingga dan juga Kebumen.

"Sebagian wilayah Jawa Tengah pada saat ini telah memasuki musim kemarau yang dimulai sejak awal Agustus. Untuk itu perlu diwaspadai kemungkinan dampak musim kemarau terutama di wilayah yang rentan terhadap bencana kekeringan, kebakaran hujan dan lahan serta ketersediaan air bersih," katanya.

Dia juga menambahkan pihaknya terus berupaya menggencarkan sosialisasi kepada para pemangku kebijakan yang ada di wilayah setempat mengenai tren kondisi cuaca terkini.

"Selain itu kami juga terus menyebarluaskan informasi kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah setempat melalui media massa dan juga media sosial," katanya.
 

Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar