Tingkatkan partisipasi pemilih, Bupati Purbalingga minta sosialisasi pilkada diintensifkan

id bupati prubalingga,pilkada

Tingkatkan partisipasi pemilih, Bupati Purbalingga minta sosialisasi pilkada diintensifkan

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi ANTARA/HO-Humas Pemkab Purbalingga

Purbalingga (ANTARA) - Bupati Purbalingga, Jawa Tengah, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan sosialisasi Pilkada 2020 harus diintensifkan untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat di wilayah setempat.

"Salah satu keberhasilan pelaksanaan pemilihan itu diukur dari tingkat partisipasi masyarakat," katanya di Purbalingga, Rabu.

Untuk mendorong peningkatan angka partisipasi masyarakat, kata dia, sosialisasi harus dilakukan secara intensif dengan melibatkan seluruh pihak terkait.

Baca juga: Pilkada Solo, PAN resmi dukung Gibran-Teguh

"Sosialisasi pilkada tidak hanya menjadi tugas KPU melainkan membutuhkan peran aktif semua pihak mulai dari jajaran pemkab hingga desa, anggota legislatif dan juga TNI/Polri," katanya.

Bupati menambahkan dalam pelaksanaan Pilkada 2015 angka partisipasi masyarakat Kabupaten Purbalingga sebesar 60 persen.

"Dalam Pemilihan Gubernur 2018 angka partisipasi masyarakat meningkat menjadi 68,8 persen dan pada pelaksanaan Pilpres 2019 tingkat partisipasi berhasil mencapai target yang ditetapkan oleh KPU Pusat yakni sebesar 78 persen," katanya.

Dia berharap angka partisipasi masyarakat yang tinggi dapat diulang kembali pada Pilkada 9 Desember 2020.

"Kami berharap meskipun di tengah pandemi, angka partisipasi tidak menurun. Semua pihak harus melakukan antisipasi dan mengintensifkan sosialisasi," katanya.

Sebelumnya, anggota KPU Purbalingga Divisi Partisipasi Masyarakat, SDM dan Kampanye Andri Supriyanto mengatakan pihaknya terus mengintensifkan sosialisasi salah satunya menggunakan mobil keliling guna menghindari terjadinya kerumunan.

"Kami menggunakan mobil yang dilengkapi pengeras suara. Sosialisasi pilkada di tempat keramaian menggunakan mobil keliling merupakan bagian dari program sosialisasi kami di masa pandemi dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih namun tetap mengedepankan protokol kesehatan guna mencegah COVID-19," katanya.

Dia menjelaskan bahwa pihaknya menargetkan tingkat partisipasi pilkada serentak tahun ini dapat mencapai 77,5 persen.

Dia menambahkan untuk mencapai target tersebut pihaknya terus mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan aktif menyukseskan pelaksanaan pilkada di wilayah itu.

"Harapan KPU Purbalingga untuk seluruh masyarakat di kabupaten ini yakni mari sukseskan Pilkada Purbalingga dan gunakan hak suara saat hari pemilihan nanti," katanya.

Dia juga menambahkan pihaknya optimistis pelaksanaan Pilkada Purbalingga 2020 akan berjalan dengan baik dan lancar.

Baca juga: Bupati Purbalingga ajak warga sukseskan pelaksanaan tahapan pilkada 2020
Baca juga: KPU Purbalingga sosialisasi Pilkada 2020 secara keliling

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar