Solo deflasi dipicu penurunan harga makanan

id BPS, deflasi solo

Solo deflasi dipicu penurunan harga makanan

Bawang merah menjadi salah satu komoditas penyumbang deflasi bulan Juli 2020. ANTARA/Aris Wasita

Solo (ANTARA) - Penurunan indeks harga pada kelompok makanan memicu deflasi sebesar 0,03 persen di Kota Solo, Jawa Tengah,  pada  Juli 2020 dari Juni yang mengalami inflasi sebesar 0,29 persen.

"Untuk indeks harga konsumen (IHK) pada bulan Juli sebesar 103,79 persen," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surakarta Totok Tavirijanto di Solo, Senin.

Ia mengatakan pada periode yang sama untuk IHK ini juga mengalami penurunan, yaitu 103,82 pada Juni 2020.

Ia mengatakan untuk kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks harga salah satunya kelompok makanan, minuman, dan tembakau turun sebesar 0,43 persen, dengan subkelompok makanan turun 0,53 persen.

Dari sisi komoditas, yang mengalami penurunan harga di antaranya bawang merah, bawang putih, daging ayam ras, dan gula pasir.

Dengan penurunan harga ini, pihaknya mencatat bawang merah memberikan andil deflasi sebesar 0,05 persen, bawang putih dengan andil deflasi 0,03 persen, daging ayam ras dengan andil deflasi 0,03 persen, dan gula pasir dengan andil deflasi 0,02
persen.

Meski demikian, dikatakannya, ada beberapa komoditas pada kelompok makanan yang memberikan andil terhadap inflasi, di antaranya telur ayam ras sebesar 0,05 persen, cabai merah dengan andil inflasi 0,02 persen, dan cabai rawit dengan memberikan andil inflasi 0,01 persen.

Dengan kondisi tersebut artinya laju inflasi di Kota Surakarta untuk tahun kalender Januari-Juli 2020 sebesar 0,58 persen, sedangkan laju inflasi "year on year" atau perbandingan pada Juli 2020 terhadap Juli 2019 sebesar 1,07 persen.

Sementara itu, selain kelompok makanan, minuman, dan tembakau, ada beberapa kelompok lain yang juga mengalami penurunan indeks harga, yaitu kelompok kesehatan turun 0,11 persen, kelompok transportasi turun 0,16 persen, serta kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan turun 0,03 persen.

Baca juga: Solo diprediksi masih deflasi pada Juni
Baca juga: Penurunan harga sejumlah komoditas dorong deflasi di Solo
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar