Demi stok darah saat pandemi, pegawai Semen Gresik siap donor

id Pegawai Semen Gresik, siap donor demi, keandalan stok darah saat pandemi,donor darah

Demi stok darah saat pandemi, pegawai Semen Gresik siap donor

Kegiatan donor darah yang diikuti para pegawai PT Semen Gresik. (ANTARA/HO-Humas PT Semen Gresik)

Kita harus tetap produktif, namun aman dari pandemi ini
Rembang (ANTARA) - Para pegawai PT Semen Gresik siap melakukan kegiatan donor untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI Rembang di masa pandemi COVID-19 yang dimungkinkan masih banyak warga yang membutuhkan bantuan darah.

"Apalagi, hasil kegiatan peduli sosial dengan berdonor tersebut berkontribusi positif untuk membantu kebutuhan darah warga di tiga kabupaten kawasan timur Jawa Tengah," kata Kepala Unit Komunikasi dan Bina Lingkungan PT Semen Gresik Dharma Sunyata di Rembang, Kamis.

Dalam setahun, katanya, Semen Gresik rutin menggelar kegiatan donor darah empat kali, sedangkan selama 2020 sudah menggelar dua kali kegiatan.

Kegiatan donor yang berlangsung di Gedung Batu Kapur PT Semen Gresik pada April dan akhir Juli 2020 juga menerapkan protokol kesehatan.

Ia mengatakan perusahaan ikut terpanggil menggelar kegiatan sosial tersebut, selain karena alasan kemanusiaan juga karena aksi peduli ini juga bagian dari komitmen perusahaan yang ingin terus tumbuh berkembang bersama masyarakat serta berkontribusi positif untuk daerah.

"Kegiatan donor darah juga membuat tubuh lebih sehat. Diharapkan hal itu juga berimbas pada produktivitas dan kinerja karyawan Semen Gresik. Kegiatan donor terus dilaksanakan dengan protokol kesehatan COVID-19. Kita harus tetap produktif, namun aman dari pandemi ini," ujarnya.

Baca juga: Empat polisi jadi donor plasma darah untuk pasien COVID-19

Bupati Rembang Abdul Hafidz mengapresiasi upaya PT Semen Gresik selama pandemi COVID-19, mengingat intensitas kegiatan donor darah masyarakat cenderung menurun.

Berdasarkan informasi dari PMI Rembang, sejumlah kegiatan donor darah yang biasanya rutin dilaksanakan oleh komunitas maupun instansi juga ditunda, bahkan batal dilaksanakan dengan berbagai alasan.

Dalam jangka panjang, dikhawatirkan hal itu berimbas pada stok darah di PMI Rembang.

Padahal, selama ini stok darah PMI Rembang tak hanya untuk melayani kebutuhan warga di itu saja, melainkan untuk kabupaten tetangga, seperti Blora dan Pati.

"Upaya Semen Gresik menjaga ketersediaan stok darah lewat kegiatan donor saat pandemi COVID-19 patut diapresiasi. Karena setetes darah itu sangat berarti untuk warga yang membutuhkan," ujarnya.

Selama pelaksanaan kegiatan donor darah, seluruh pihak yang terlibat diminta menaati protokol kesehatan demi pencegahan virus corona. Bahkan, petugas PMI Rembang yang bertugas saat kegiatan donor menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap serta menjalani tes cepat corona.

Baca juga: Ramai penghobi sepeda saat pandemi menjadi perhatian Polrestabes Semarang
Baca juga: Aplikasi berisi informasi donor darah ini karya mahasiswa ITTP
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar