Kota Magelang dorong penerima hibah gunakan dana secara optimal

id hibah kota magelang,pendidikan kota magelang,wali kota magelang

Kota Magelang dorong penerima hibah gunakan dana secara optimal

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito (kiri) menyerahkan secara simbolis hibah untuk operasional sekolah kepada perwakilan TK, SD, dan SMP se-Kota Magelang di Magelang, Jumat (19/6/2020). ANTARA/HO-Bagian Prokompim Pemkot Magelang

Magelang (ANTARA) - Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mendorong para pengelola hibah untuk memanfaatkan dana dari pemerintah daerah setempat secara optimal sebagaimana mestinya.

"Bantuan hibah diharapkan bisa digunakan sebaik-baiknya sebagaimana mestinya," katanya di Magelang, Jumat, saat penyerahan hibah berupa uang untuk operasional sekolah kepada Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Magelang. Dana bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Magelang Tahun 2020.

Meskipun pendapatan Pemerintah Kota Magelang turun drastis karena pandemi COVID-19, pihaknya berupaya serius agar tidak membebani masyarakat.

Pemkot Magelang membebaskan beberapa penarikan retribusi, meringankan biaya tagihan rekening PDAM dan PBB, serta tidak memotong gaji dan hibah untuk pendidikan karena pandemi virus corona jenis baru itu.

"Walaupun anggaran dipangkas untuk penanganan COVID-19 sampai Rp137 miliar tapi kami tetap mempertahankan yang menyangkut hak/pendapatan rakyat, seperti gaji, TPP (Tambahan Penghasilan Pegawai), termasuk hibah ini (pendidikan, red.) tidak dipotong," kata Sigit dalam keterangan tertulis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Magelang.

Ia berharap, penerima bantuan tidak melihat penyaluran hibah dari besarannya tetapi wujud komitmen pemerintah dalam memajukan pendidikan di daerah dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan itu.

Ia juga perpesan kepada para pendidik tetap memberi perhatian secara optimal kepada anak didik, menjaga kebersihan, dan keamanan sekolah di tengah pandemi virus.

Penyerahan dana hibah pendidikan pada Jumat, dilakukan Wali Kota Sigit kepada para perwakilan TK, SD, dan SMP di Pendopo Pengabdian, Kompleks Rumah Dinas Wali Kota Magelang dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Magelang Wawan Setiadi mengatakan hibah bersumber dari APBD Kota Magelang Tahun Anggaran 2020 itu bertujuan membantu pemenuhan kebutuhan operasional sekolah, sesuai Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 12/2019.

Ia mengatakan dana hibah TK diberikan kepada 56 sekolah dengan total Rp2.980.500.000, SD diberikan kepada 16 sekolah senilai Rp1.844.461.000, dan SMP kepada 10 sekolah senilai Rp2.111.476.000 sehingga totalnya Rp6.054.437.000.

Pada Senin (22/7), Pemkot Magelang merencanakan pemberian hibah serupa untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Kelompok Bermain, dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dengan total Rp3.368.500.000.

"Dengan demikian total hibah yang diberikan Pemkot Magelang untuk sekolah mencapai Rp9.422.937.000," kata dia. 

Baca juga: Kabupaten Magelang serahkan hibah keagamaan Rp11 miliar

Baca juga: 133 lembaga di Kudus dapat bantuan hibah Rp8,65 miliar
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar